Jember (Antara Jatim) - Balai Benih Ikan (BBI) Dinas Peternakan, Perikanan, dan Kelautan Kabupaten Jember, Jawa Timur, menargetkan produksi sebanyak 3 juta benih berbagai jenis ikan air tawar selama tahun 2016.

Pengelola Balai Benih Rambigundam, Karsam Budi Siswoyo, Senin, mengatakan permintaan benih berbagai jenis ikan di Kabupaten Jember cukup tinggi, sehingga pihaknya terus berupaya meningkatkan produksinya guna memenuhi kebutuhan para peternak ikan.

"Setiap tahunnya sekitar 2,5 juta hingga 3 juta ekor benih ikan air tawar yang dihasilkan oleh BBI Rambigundam, namun kami berupaya terus meningkatkan produksi benih ikan setiap tahun," tuturnya.

Menurutnya, sebanyak 40 kolam disiapkan BBI Rambigundam untuk memproduksi jutaan ekor benih ikan seperti ikan gurame, nilai, tombro, patin, dan ikan bawal.

"Sejauh ini permintaan benih yang paling banyak adalah ikan nila dan ikan lele, sehingga kami juga melakukan berbagai cara untuk meningkatkan produksi kedua jenis ikan itu," katanya.

Pihak BBI Rambigundam, lanjut dia, sudah mendatangkan induk ikan nila jenis unggul yakni nila besit dan sultan dari Sukabumi untuk meningkatkan produksi benih ikan yang banyak diminati konsumen.

"Kami juga mendatangkan induk ikan lele unggul jenis Sangkuriang 2, sehingga diharapkan produksi benih ikan semakin meningkat di Balai Benih Ikan Rambigundam," katanya.

Selain melakukan pembenihan berbagai jenis ikan air tawar, BBI Rambigundam juga melakukan pendampingan terhadap peternak ikan yang berada di sejumlah kecamatan di Kabupaten Jember seperti Kecamatan Kaliwates, Rambipuji, Panti, Sukorambi, dan Ajung.

"Pendampingan budi daya itu diharapkan bisa meningkatkan produksi benih ikan, sehingga sejumlah nelayan bisa beralih melakukan budi daya ikan air tawar," ujarnya.*

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016