Jember (Antara Jatim) - Stok darah trombosit di Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Jember, Jawa Timur, masih aman untuk memenuhi kebutuhan penderita demam berdarah dengue (DBD) di kabupaten setempat dan sekitarnya.

"Permintaan trombosit selama Januari hingga Februari 2016 tidak mengalami peningkatan dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu," kata Direktur UTD PMI Jember, dr Dudung Ari Rusli di Jember, Rabu.

Data di UTD PMI Jember tercatat permintaan darah trombosit pada Januari 2015 sebanyak 487 kantong, sedangkan pada Januari 2016 sebanyak 341 kantong darah.

"Penurunan permintaan darah trombosit itu kemungkinan karena banyak pasien DBD yang tidak memerlukan tranfusi darah trombosit karena saat ini masyarakat sudah waspada sejak dini penyakit yang disebabkan nyamuk Aedes Aegypti itu, apabila ada keluarga yang terkena DBD," tuturnya.

Selain itu, lanjut dia, sejumlah UTD di beberapa kabupaten yang biasanya dipenuhi dari UTD PMI Jember sudah bisa memproses darah trombosit.

"Kalau dulu Kabupaten Bondowoso, Lumajang, Situbondo dan Banyuwangi meminta darah trombosit dari UTD PMI Jember, namun kini PMI Lumajang, Bondowoso, dan Banyuwangi sudah bisa mengolah darah trombosit sendiri," paparnya.

Dudung menjelaskan kebutuhan darah secara keseluruhan di Kabupaten Jember dan sekitarnya sebanyak 3.000-3.500 kantong darah setiap bulan, sehingga pihaknya berupaya maksimal untuk memenuhi permintaan darah melalui optimalisasi donor darah keliling menggunakan mobile unit.

"Sejauh ini kebutuhan darah selalu dapat terpenuhi di UTD PMI Jember, sehingga stok darah trombosit, sel darah merah, dan plasma masih cukup aman di Jember," katanya.

Ia mengatakan biasanya pada saat musim hujan banyak kasus DBD melanda sejumlah wilayah, sehingga permintaan darah trombosit meningkat untuk pasien DBD yang memerlukan tranfusi darah.

"Masyarakat yang membutuhkan darah sudah bisa memantau stok darah di UTD PMI Jember melalui situs donordarahsehat.com dan data tersebut selalu diperbarui setiap saat," ujarnya.

Stok darah yang tersedia di UTD PMI Jember pada 10 Februari 2016 pukul 12.03 WIB yakni darah lengkap (Whole Blood) tercatat golongan O sebanyak 12 kantong darah, golongan AB sebanuak 20 kantong darah, golongan B sebanyak 89 kantong darah, dan golongan A sebanyak 33 kantong darah.

Untuk darah trombosit golongandarah A sebanyak satu kantong, golongan B sebanyak tujuh kantong, golongan AB kosong, dan golongan O sebanyak lima kantong darah. (*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016