Surabaya (Antara Jatim) - Kapal perang Republik Indonesia (KRI) Makassar-590 mengantar Menkominfo Rudiantara dan 214 peserta Hari Pers Nasional (HPN) 2016 untuk berangkat ke Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) dari  Dermaga Madura, Ujung, Surabaya, Jumat.

Pelepasan dilakukan Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto SH MAP yang sebelumnya sempat menerima kehadiran Menkominfo di Gedung Nala, Koarmatim, Surabaya.

Dalam pertemuan singkat itu, Menkominfo Rudiantara berbincang-bincang dengan Pangarmatim mengenai rencana pembangunan kabel laut yang diharapkan dapat selesai pembangunannya hingga tahun 2018.

"Saat ini, Kominfo telah melaksanakan pembangunan menara telekomunikasi (tower) di wilayah Barat sampai Timur Indonesia, 560 kabupaten di Indonesia harus sudah terhubung jaringan broadband, sehingga masyarakat Indonesia yang berada di pelosok negeri dapat menggunakan sarana komunikasi dengan baik," katanya.

Menkominfo berharap kedepan terjalin kerja sama antara pihak TNI Angkatan Laut dengan Kominfo dalam mendukung pembangunan kabel laut itu.

Dalam kesempatan itu, Pangarmatim menyatakan siap mendukung pelaksanaan pembangunan tersebut dengan mengerahkan Dishidros TNI AL untuk menyediakan peta laut yang dapat membantu survei dan pemetaan laut untuk referensi pembangunan kabel laut itu.

Namun, Pangarmatim juga berharap Kominfo mendukung keberadaan Pangkalan TNI AL di Pulau Selaru dengan memberikan bantuan telekomunikasi agar para prajurit dapat memanfaatkan sarana tersebut untuk komunikasi dengan keluarga.

Sementara itu, Kadispen Koarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman mengatakan HPN menjadi ajang silahturahmi dan penyatuan pemikiran untuk kemajuan pers pada khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya.

"Karena itu, Komandan KRI Makassar-590 Letkol Laut (P) Elmondo Samuel Sianipar beserta ABK siap mendukung berbagai kegiatan selama di Lombok," katanya.

Dukungan itu diantaranya pengenalan kapal dan diskusi kemaritiman bertopik "Membedah Posisi Indonesia dalam Persaingan Maritim Dunia", workshop penulisan wisata bahari, diskusi perkembangan pelaksanaan standar kompetensi wartawan, Bakti Sosial bersama warga Lombok, dan sebagainya.

HPN yang berlangsung pada 5-10 Februari 2016 itu akan dihadiri Presiden Joko Widodo, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menkominfo Rudiantara, Menko Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli, Menkop dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, KSAL Laksamana TNI Ade Supandi, dan Ketua Dewan Pers Prof Dr Bagir Manan. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016