Tulungagung (Antara Jatim) - Sebanyak empat sekolah menegah tingkat pertama (SMP) negeri di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur dipastikan bakal menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK), terhitung mulai akhir tahun ajaran 2015/2016.
    
"Ada empat SMP yang diajukan Dikbud (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) Tulungagung dan semuanya disetujui oleh pusat untuk melaksanakan UNBK pada awal Mei nanti," terang Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tulungagung, Sugiarno di Tulungagung, Rabu.
    
Empat SMP yang dimaksud Sugiarno masing-masing adalah SMP Negeri 1 Tulungagung, SMP Negeri 3 Tulungagung, SMP Negeri 1 Kauman, dan SMP Negeri 1 Ngunut.
    
Ia menyatakan, empat sekolah itu sudah melalui tahapan verifikasi tingkat dikbud sebelum diusulkan ke Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Jakarta.
    
Verifikasi dimaksud utamanya berkaitan kesiapan sekolah dalam penyediaan perangkat komputer dan jaringan internet.
    
"Kami sudah melihat kelayakan dari sekolah itu untuk pelaksanaan UNBK atau ujian nasional 'computer based test' (CBT). Hasilnya layak dan sudah disetujui pusat," jelasnya.
    
Dikatakan Sugiarno, pemantauan sementara di empat sekolah tersebut, perangkat komputer dan jaringan internet sudah tersedia, dengan jumlahnya mencukupi.
    
Kendati begitu, panitia penyelenggara ujian nasional di sekolah bersangkutan tetap harus siaga ketika perangkat komputer tidak mencukupi.
    
Salah satu alternatif yang harus dipersiapkan adalah menggunakan laptop pribadi siswa. "Kami terus koordinasi untuk persiapan UNBK ini," katanya.
    
Sementara, untuk sebagian sekolah lain yang belum melaksanakan UNBK, Sugiarno mengakui jika memang tidak semua sekolah sudah layak melaksanakan UNBK.
    
Sebab, kata dia, untuk pelaksanaannya membutuhkan persiapan matang.
    
Selain perangkat komputer yang mumpuni, sekolah juga harus memiliki jaringan internet cepat sehingga bisa terkoneksi dengan server pusat untuk penyelenggaraan unas.
    
"Sekolah lain sementara belum layak. ada yang layak tapi belum berani," jelasnya.
    
Ia berharap sekolah lain bisa segera mengikuti untuk pelaksanaan UNBK. Sebab, dalam UNBK tercermin integritas dan kejujuran siswa dalam mengerjakan ujian nasional.(*)

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016