Surabaya (Antara Jatim) - Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama Kota Surabaya berkomitmen melindungi dan mengembangkan kelompok usaha anak negeri dengan cara meningkatkan kualitas usaha kecil menengah pada momentum Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) saat ini.

"UKM-UKM yang ada harus dikembangkan dan dimaksimalkan agar pemberdayaan ekonomi NU berjalan. Ke depan, NU wajib memperkuat perannya di tengah-tengah masyarakat," kata Ketua PCNU Surabaya Achmad Muhibbin Zuhri di sela pelantikan PCNU Surabaya periode 2015-2020 di Surabaya, Sabtu malam.

Menurut dia, NU harus konsistensi dengan kualitas perekonomian dan pendidikan secara terus-menerus sehingga tidak kehilangan kepercayaan diri di tengah masyarakat.

"Salah satu upayanya dengan melakukan pembinaan terhadap kelompok usaha dan menunjukkan bagaimana UKM-UKM yang dikelola NU berkembang pesat," ucapnya.

Terhadap 252 pimpinan ranting dan MWC NU se-Surabaya, dosen Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel itu meminta untuk terus berinovasi menjalankan programnya, termasuk eksistensinya di unit usaha dengan harapan meningkatkan perekonomian.

NU Surabaya, lanjut dia, ingin mengkomunikasikan dengan berbagai pihak, mulai pemerintah, pemangku jabatan maupun seluruh lapisan masyarakat demi terlaksananya pemberdayaan ekonomi warga.

"NU adalah salah satu organisasi sosial keagamaan sehingga pada sisi sosial bisa bekerja sama dengan lintas apapun, termasuk tokoh agama lain yang memiliki konsentrasi sama terhadap pemberdayaan masyarakat," katanya.

Pada kesempatan tersebut, dilaksanakan juga penandatanganan nota kesepahaman antara NU Surabaya dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) tentang sosialisasi program jaminan kesehatan nasional sebagai bentuk kepesertaan asuransi serta fasilitas kesehatan.

"Mayoritas warga Surabaya dan Jatim adalah Nahdliyyin sehingga sosialisasi BPJS ini akan berjalan maksimal sampai tingkat terbawah," ujar Kepala BPJS Kantor Cabang Utama Surabaya I Made Puja Yasa.

Sementara itu, hadir dalam pelantikan PCNU Surabaya, Ketua PBNU Saifullah Yusuf, Wakil Ketua PBNU Muhammad Nuh, Ketua PWNU Jatim KH. Mutawaqqil Alallah, Penjabat Wali Kota Surabaya Nurwiyatno, serta ribuan kader NU Surabaya.

Selain ketua dan pengurus tanfidziyah, dilantik juga Rois Syuriah PCNU Surabaya selama lima tahun ke depan yang dijabat oleh KH. Mas Sulaiman. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016