"Hmmm.... ini enak ini. Belum pernah makan kebab tapi isinya duren seperti ini," ucap Edy usai melahap kebab duren yang di atasnya bertabur serutan keju dan susu cokelat.

Baru pertama kali mencoba, bapak dua anak itu mengaku ketagihan dan meneruskan lahapan berikutnya. Tidak cukup satu, dua kebab duren lebih dihabiskannya hanya dalam jangka waktu kurang dari lima menit.

Ya, kebab duren ala Dapur Duren itu tidak hanya menarik saat disajikan. Sekali mencoba, dijamin pecinta kuliner, khususnya penggemar duren, tak akan melewatkan sisanya.

Namanya juga kebab, bahan dasar dan bentuknya sama dengan kebab-kebab yang kerap disajikan ala timur tengah lain, kecuali isinya.

Menggunakan tortila, di dalamnya berisi duren yang sudah diolah dan dicampur bersama nata de coco, yakni hidangan seperti jeli, biasanya berwarna putih hingga bening dan bertekstur kenyal.

Proses pembuatannya juga tidak beda, yakni isi dibungkus tortila berbentuk lonjong kemudian digoreng menggunakan mentega sesuai teknik penggorengan kebab.

"Kebab duren menjadi salah satu menu spesial yang wajib dicoba. Sekali gigit, duren dan nata de coco di dalamnya sangat terasa, apalagi dimakan dalam keadaan hangat," tutur Nurul Fitriyah, pemilik Dapur Duren.

Dapur Duren adalah sebuah brand aneka olahan serba duren yang berasal dari Surabaya dan didirikan pada Januari 2013.

Berawal dari penjualan dalam jaringan, setahun berikutnya mampu membuka membuka dua mini outlet sehingga memudahkan para konsumen menyantapnya langsung, yakni di Food Corner Lantai 3 Jembatan Merah Plaza 2, dan Pujasera Wakul Suroboyo Jalan Indragiri 3 Surabaya.

Selain kebab duren, menu yang disajikan pancake duren dengan varian warna, sop duren dan ketan duren.

"Ketan duren juga tidak kalah enaknya. Semangkok ketan punel disiram kuah kental yang terbuat dari olahan duren dimasak santan," ucap perempuan berjilbab yang sempat mengenyam pendidikan calon sekretaris tersebut.

Tidak sempat ke kedai? Jangan khawatir karena kebab duren, ketan duren dan menu serba duren lainnya dapat dipesan dan diantarkan.

Menghubunginya pun tidak sulit, tinggal klik dan pesan. Bisa di facebook dengan fanpage Dapur Duren Surabaya, atau Twitter di @dapurduren, atau Instagram di @dapurdurensurabaya, atau klik website resminya di www.dapurduren.com.

"Kami juga melayani pemesanan via BBM di PIN 74C9DAB9. Silakan mencoba," imbuh perempuan yang akrab disapa Niknok tersebut. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016