Barcelona, (Antara/Reuters) - Luis Suarez mencetak dua gol dan Lionel Messi mencatatkan penampilan ke-500nya untuk Barcelona yang mengukir rekor baru di Spanyol dengan koleksi gol terbanyak dalam satu tahun kalender, melalui kemenangan 4-0 atas Real Betis yang mendongkrak mereka ke puncak klasemen Liga Spanyol pada Rabu.

Gol-gol larut dari Angel Correa dan Antoine Griezmann membawa Atletico Madrid menang 2-0 atas Rayo Vallecano, sedangkan Cristiano Ronaldo mencetak gol melalui penalti dan gagal memasukkan penalti lainnya saat Real Madrid mengalahkan Real Sociedad dengan skor 3-1.

Barcelona dan Atletico memiliki 38 angka, di mana tim Katalan itu memainkan satu pertandingan lebih sedikit, unggul dua angka dari tim peringkat ketiga Real.

Messi mengemas gol ke-425-nya untuk Barca pada menit ke-34 untuk menambah keunggulan mereka, yang didapat dari gol bunuh diri Heiko Westermann menyusul penalti kontroversial.

Pemain Argentina itu dinyatakan telah dilanggar oleh kiper Antonio Adan dan meski sepakan Neymar mengenai mistar gawang, Westermann membawa bola memantul untuk masuk ke gawangnya sendiri.

Suarez membukukan dua gol pada babak kedua untuk membawa Barca mengoleksi 180 gol pada tahun ini, lebih banyak dua gol dibanding rekor Spanyol sebelumnya yang diukir Real Madrid pada 2014.

"Ini adalah tahun fantastis dan kami ingin mengakhirinya dengan cara yang sama," kata Messi kepada para pewarta.

"Akan sulit untuk mengembangkan apa yang telah kami lakukan, namun kami akan berusaha."

Pemain pengganti Atletico Correa memasukkan bola dari operan Thomas Partey pada menit ke-88, dan Griezmann mengunci kemenangan timnya atas Rayo.

"Ini merupakan pertempuran yang berat dan akhirnya kami mampu lolos," kata Correa kepada para pewarta.

 "Ia (pelatih Diego Simeone) berkata kepada saya untuk maju dan membantu tim untuk menang dan untungnya kami melakukannya."

Ronaldo melepaskan tendangan penalti melambung ke atas mistar pada menit ke-24, namun ia memasukkan penalti lainnya tiga menit sebelum turun minum untuk membawa Real memimpin.

Pemain pengganti Sociedad Bruma menyamakan kedudukan untuk tim tamu pada menit ke-49, sebelum Ronaldo melepaskan sepakan voli melewati kotak penalti yang ramai menuju gawang pada pertengahan babak kedua.

Lucas Vazquez mengunci kemenangan dengan golnya pada menit ke-87, yang akan sedikit mengurangi tekanan kepada pelatih Rafa Benitez.

Barca kesulitan untuk mematahkan pertahanan Betis yang terorganisasi dengan baik sampai adanya penalti.

Bagaimanapun, seiring terbukanya permainan, Messi dengan cepat menambahi gol lain dari jarak dekat setelah bertukar operan dengan Neymar.

Suarez memasukkan bola dari operan Sergio Busquets setelah babak kedua dimulai, dan dengan Betis yang telah mengendurkan pertahanan, peluang demi peluang pun menjadi miliki tim Katalan.

Neymar dan Dani Alves keduanya memiliki tembakan yang digagalkan tiang gawang, dan tendangan bebas Messi mengenai tiang gawang sebelum Suarez mencetak gol keduanya dari dalam kotak penalti.

Penemuan kecil
Pemain Atletico Yannick Carrasco menjadi ancaman utama dan memiliki dua peluang, namun secara umum itu adalah penemuan kecil.

Pertandingan kelihatannya akan berakhir imbang ketika Correa memperlihatkan insting predatornya di dalam kotak penalti dan memasukkan bola ke bagian atas gawang.

Rayo tersentak dan Griezmann mengambil keuntungan untuk menyelesaikan peluang dari operan Martinez.

Real mendapat hadiah penalti setelah terdapat dorongan dari bek Yuri kepada Karim Benzema, namun Ronaldo gagal mengeksekusi penalti untuk pertama kalinya sepanjang karirnya, di mana sepakannya melambung ke atas mistar gawang.

Walau demikian, ia tidak melakukan kesalahan pada eksekusi kedua, dengan mengarahkan bola ke sudut kanan setelah umpan silang Gareth Bale mengenai tangan Yuri.

Sociedad kehilangan Sergio Canales karena diduga mengalami cedera ligamen lutut, namun mereka tampil lebih baik pada babak kedua dan Bruma, yang mendapat terlalu banyak ruang di sisi kanan, melepaskan tembakan melengkung ke sudut atas.

Ketika arah pertandingan terlihat berbalik ke arah Sociedad dan para penggemar mulai mengejek para pemain Real, Ronaldo melepaskan sepakan voli dari tendangan sudut untuk menjadi gol ke-57-nya tahun ini, dan Vazquez menambah keunggulan timnya dengan memaksimalkan umpan silang Bale(*)

Pewarta: Supervisor

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015