Sumenep (Antara Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, belum menerima kotak suara berisi logistik pilkada setempat dari PPK Masalembu, Pulau Masalembu.

"Hingga Rabu siang, hanya PPK Masalembu yang belum mengembalikan kotak suara berisi logistik pilkada. Sementara 26 PPK lainnya telah mengembalikan kotak suara ke KPU Sumenep," ujar komisioner KPU Sumenep, Malik Mustafa di Sumenep, Rabu.

Ia menjelaskan, PPK Masalembu mengalami kendala teknis untuk secepatnya mengembalikan kotak suara berisi logistik pilkada tersebut ke KPU Sumenep, yakni ketersediaan kapal yang akan berlayar ke Sumenep daratan (Pelabuhan Kalianget).

PPK Masalembu telah melakukan rekapitulasi penghitungan dan penetapan perolehan suara hasil pilkada di tingkat kecamatan pada Sabtu (12/12).

Informasi yang diterima KPU Sumenep, sejak Sabtu hingga Senin (14/12) malam, tidak ada jadwal pemberangkatan kapal dari Masalembu ke Kalianget dan baru ada pada Selasa (15/12) malam.

Saat ini, anggota PPK Masalembu yang akan mengembalikan kotak suara sekaligus menghadiri rekapitulasi perolehan suara hasil pilkada di tingkat kabupaten, dalam perjalanan ke Kalianget.

"Mereka naik kapal perintis yang bertolak dari Pelabuhan Masalembu pada Selasa malam dan dijadwalkan tiba di Pelabuhan Kalianget pada Rabu ini. Insya-Allah. Semoga semuanya berjalan lancar, karena informasinya kondisi cuaca laut tidak begitu bagus," kata Malik.

Pilkada Sumenep 2015 yang digelar pada 9 Desember itu diikuti oleh dua pasangan, yakni A Busyro Karim-A Fauzi di nomor urut 1 (satu) dan Zainal Abidin-Dewi Khalifah di nomor urut 2 (dua).

KPU Sumenep berencana menggelar rapat pleno terbuka dengan agenda rekapitulasi penghitungan dan penetapan perolehan suara hasil pilkada di tingkat kabupaten pada Kamis (17/12). (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015