Malang (Antara Jatim) - PT Kimberly Clark sebagai produsen  Kotex bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengapresiasi para wanita muda yang memberi inspirasi positif bagi orang lain maupun lingkungan sekitar melalui kompetisi rekam cerita berhadiah total sebesar Rp36 juta.

Marketing Eksekutif PT Kimberly-Clark Indonesia sebagai produsen pembalut wanita Kotex,  Ami Damayanti di Malang, Selasa, mengemukakan pihaknya menyadari akan banyaknya wanita muda Indonesia yang memiliki keunikan karakter dan kemampuan luar biasa yang dapat memberikan inspirasi positif bagi orang lain dan lingkungan sekitarnya.

"Oleh karena itu, kami (Kotex) berinisiatif membuat suatu media untuk berinteraksi dan berbagi mengenai karya kreatif yang dibungkus dalam program bertajuk 'Hai Wanita Muda Tunjukan Inovatifmu' dengan tujuan memberikan apresiasi kepada wanita-wanita muda yang inspiratif dalam bidang seni, entrepreneur, pemberdayaan masyarakat, dan pelestarian lingkungan," kata Ami ketika berada di UMM.

Ia mengatakan Kotex ingin mengajak seluruh wanita muda Indonesia untuk mengisi keindahan masa muda dengan semangat berkarya, salah satunya dengan menyelenggarakan program yang bekerja sama dengan komunitas mahasiswa dan  Laboratorium Ilmu Komunikasi UMM melalui kegiatan pelatihan dan pengetahuan tentang seni bertutur (storytelling) yang diaplikasikan dalam lomba rekam cerita melalui media video dan foto.

Sebelum berkompetisi, lanjutnya, diselengagrakan kegiatan sarasehan tentang seni bertutur yang membahas materi penulisan naskah, penyutradaraan, membangun artistik visual dan pementasan bertutur yang di sampaikan oleh Praktisi Komunikasi, Kandi Windoe dan Azis Franklin sebagai pendongeng pentas.

Setelah mendapat pelatihan, lanjutnya, peserta dapat mengaplikasikan keterampilan bertutur melalui media video dan foto yang dapat diikutsertakan dalam kompetisi bertema "Wanita-Wanita Muda Inspiratif".

"Masa muda merupakan momen indah yang tidak boleh disia-siakan, dengan mengadakan kegiatan yang berkualitas diharapkan dapat memberikan manfaat bagi generasi muda untuk memberi karya yang kreatif dan menjadi sumber inspirasi. Dengan alasan inilah kami berkolaborasi dengan UMM dan beberapa sekolah di Indonesia untuk menjalankan program kami ini," ujarnya.

Di ajang ini metode berkarya dalam seni bertutur atau storytelling dapat diaplikasikan dalam bentuk kompetisi videografi dan fotografi oleh peserta yang hadir.

Dalam kompetisi rekam cerita, peserta dapat menceritakan tentang perjalanan dalam membuat suatu karya, mulai dari ide kreatif, visi dan misi serta hambatan dan tantangan. Video dan foto rekam jejak inspiratif ini dapat dilakukan dengan berkelompok atau individu yang di unggah melalui sosial media.

Durasi kompetisi mulai dari tanggal 1 Desember 2015 dan di serahkan kepada tim Kotex paling lambat tanggal 31 Januari 2016.

Hadiah yang akan diberikan dari kompetisi foto berupa uang tunai sebesar Rp5 juta untuk juara pertama, Rp3 juta juara kedua, dan Rp2 juta untuk juara ketiga, serta Rp1 juta untuk pemenang favorit. Sedangkan hadiah yang akan diberikan dari kompetisi video sebesar Rp10 juta untuk juara pertama, Rp7 juta juara kedua, Rp5 juta juara ketiga, dan RP3 juta untuk juara favorit.

"Kami memberikan respon positif atas kerja sama yang diajukan oleh pihak Kotex karena kegiatan ini cukup bagus untuk mendorong mahasiswa dalam berkarya dan meningkatkan skill mereka dari apa yang dasarnya sudah mereka terima melalui materi perkuliahan," ujar Sekretaris Laboratorium Ilmu Komunikasi UMM Isnaini Dzyhrina.

Pendaftaran dan pengumpulan karya, maksimal pada 31 Januari 2016. Untuk karya foto dikirim dalam format Jpeg, sedangkan untuk video, format mp4.

Foto harus dikirim ke sekretariat Jufoc dan video dikirim ke sekretariat Kine Club yang ada di gedung Student Center. Selain dikirim dalam bentuk hardcopy, karya juga harus di upload ke facebook dan di tag ke facebook Kotex Dunia Cewe dengan hastag #kotexwanitainspiratif.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015