Sumenep (Antara Jatim) - Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Kabupaten Sumenep menyatakan tiga panitia pemilihan kecamatan di wilayah kepulauan telah menerima logistik pilkada setempat.

"Pada Selasa ini, PPK Arjasa dan PPK Kangayan di Pulau Kangean dan PPK Sapeken di Pulau Sapeken telah menerima logistik pilkada. Saat ini, logistik tersebut telah disimpan di masing-masing kantor PPK dan dijaga polisi," ujar komisioner KPU Sumenep, Malik Mustafa di Sumenep, Jawa Timur, Selasa.

Sebelumnya, kapal perintis yang mengangkut 337 kotak suara berisi logistik jatah tiga PPK di wilayah kepulauan itu kembali ke Kalianget pada Senin (30/11) sore, karena menabrak perahu nelayan.

"Memang ada insiden itu. Namun, kapal perintis tersebut kembali melanjutkan perjalanannya ke Pulau Kangean dan selanjutnya ke Pulau Sapeken pada Senin malam. Pada Selasa pagi, kapal perintis itu tiba di Pulau Kangean dan Sapeken," kata Malik.

Ia menjelaskan, pengamanan logistik pilkada selama disimpan di kantor PPK menjadi tanggung jawab pimpinan PPK.

"Namun, teknis pengamanannya tetap melibatkan polisi. Selama disimpan di kantor PPK dipastikan ada polisi yang ikut mengamankan logistik pilkada tersebut," ujarnya.

Malik juga mengemukakan, saat ini, pihaknya telah menyiapkan logistik pilkada yang akan didistribusikan ke PPK Raas (Pulau Raas) dan PPK Masalembu (Pulau Masalembu).

"Kalau tidak ada perubahan jadwal, kami akan mendistribusikan logistik pilkada ke PPK Raas pada Selasa malam. Kami menyewa perahu motor yang direncanakan bertolak dari Pelabuhan Bintaro, Gapura," katanya.

Sementara distribusi logistik pilkada ke PPK Masalembu akan dilakukan pada Rabu (2/12) dengan memanfaatkan kapal perintis yang bertolak dari Pelabuhan Kalianget.

Pilkada Sumenep 2015 yang akan digelar pada 9 Desember diikuti oleh dua pasangan, yakni A Busyro Karim-A Fauzi di nomor urut 1 (satu) dan Zainal Abidin-Dewi Khalifah di nomor urut 2 (dua). (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015