Sumenep (Antara Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menyiapkan opsi distribusi logistik pilkada ke wilayah kepulauan melalui jalur udara (menggunakan helikopter), jika kondisi cuaca laut tidak kondusif.

"Kami memang harus menyiapkan dua opsi demi kelancaran distribusi logistik Pilkada Sumenep 2015 ke wilayah kepulauan, yakni jalur laut (kapal) dan jalur udara (helikopter)," kata Ketua KPU Sumenep, A Warits melalui telepon, Senin.

Ia menjelaskan, pihaknya menyiapkan dua skema pada distribusi jalur laut, yakni menggunakan sarana transportasi umum atau kapal motor penumpang milik operator yang biasa beroperasi di Sumenep atau perahu dan sarana transportasi khusus berupa kapal milik TNI.

"Selama memungkinkan dan kondisi cuaca laut dinyatakan kondusif, kami akan menggunakan sarana transportasi umum untuk mendistribusikan logistik pilkada ke seluruh PPK di wilayah kepulauan," ujarnya.

Namun, kata dia, jika tidak memungkinkan untuk menggunakan sarana transportasi umum, opsi selanjutnya yang akan digunakan KPU Sumenep, yakni menyewa kapal milik TNI atau menggunakan jalur udara.

"Kalau kondisi cuaca laut dinyatakan buruk, kemungkinan besar dan bisa dipastikan akan menggunakan jalur udara. Pada prinsipnya, kami sudah menyiapkan antisipasi jika terjadi hal-hal tak diinginkan dalam proses distribusi logistik pilkada ke PPK di wilayah kepulauan," ucapnya.

Warits juga mengemukakan, sesuai informasi yang diterimanya dari BMKG, kondisi cuaca laut di Perairan Sumenep dan sekitarnya diperkirakan kondusif hingga pertengahan Desember 2015.

"Kami berharap kondisi cuaca laut selalu kondusif. Namun, secara internal, kami sebagai penyelenggara pilkada tentunya harus menyiapkan beberapa opsi demi kelancaran distribusi logistik pilkada, utamanya ke wilayah kepulauan, karena kondisinya memang berbeda dengan daratan," katanya.

Pada Senin ini, KPU Sumenep mendistribusikan logistik pilkada ke tiga PPK di wilayah kepulauan, yakni PPK Arjasa, PPK Kangayan (keduanya di Pulau Kangean), dan PPK Sapeken (Pulau Sapeken), dengan menggunakan kapal motor penumpang yang bertolak dari Pelabuhan Kalianget.

Distribusi logistik pilkada ke tiga PPK di wilayah kepulauan itu dikawal oleh satu satuan tingkat pleton (SST) dari Polres Sumenep.

Selain satu SST dari Polres Sumenep, masih terdapat anggota dari tiga polsek, masing-masing polsek sebanyak tiga personel, yang ikut mengawal distribusi logistik pada Senin ini," kata Kapolres Sumenep, AKBP Rendra Radita Dewayana.

Pilkada Sumenep 2015 yang akan digelar pada 9 Desember diikuti oleh dua pasangan, yakni A Busyro Karim-A Fauzi di nomor urut 1 (satu) dan Zainal Abidin-Dewi Khalifah di nomor urut 2 (dua). (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015