Sumenep (Antara Jatim) - Distribusi perdana logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumenep 2015 dijadwalkan pada 26 November, yakni ke PPK Masalembu, Pulau Masalembu.

"Distribusi logistik pilkada ke wilayah kepulauan memang diprioritaskan atau didahulukan. Rencananya, distribusi perdana logistik pilkada akan dilakukan ke PPK Masalembu pada Kamis (26/11) melalui kapal dari Pelabuhan Kalianget," kata komisioner KPU Sumenep, Malik Mustafa di Sumenep, Jawa Timur, Selasa.

Sumenep terdiri atas 27 kecamatan dan sembilan di antaranya berada di wilayah kepulauan.

"Sejak beberapa hari lalu, kami berkoordinasi dengan pihak terkait di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kalianget dan pimpinan PPK di wilayah kepulauan untuk mengetahui jadwal pasti pemberangkatan kapal," ujarnya.

Sesuai hasil koordinasi, kata dia, terdapat jadwal pemberangkatan kapal perintis ke Masalembu pada Kamis (26/11) siang.

"Kami telah menyelesaikan sortir surat suara pada Senin (23/11) sore. Saat ini, kami menyiapkan logistik pilkada yang akan dikirim ke PPK Masalembu. Pimpinan PPK Masalembu juga berada di Kantor KPU Sumenep untuk membantu kami menyiapkan logistik pilkada," ucapnya.

Malik juga mengemukakan, pihaknya telah menyiapkan logistik pilkada yang akan dikirim ke wilayah kepulauan lainnya supaya dalam posisi siap kirim.

"Kalau tidak ada perubahan jadwal, kami akan mengirimkan logistik pilkada ke PPK Sapeken pada 29 November 2015. Untuk pengiriman ke wilayah kepulauan lainnya, masih menunggu jadwal pasti pemberangkatan kapal," katanya.

Sementara jadwal distribusi logistik pilkada ke PPK di wilayah daratan dijadwalkan pada 5-6 Desember 2015.

Pilkada Sumenep 2015 yang akan digelar pada 9 Desember diikuti oleh dua pasangan, yakni A Busyro Karim-A Fauzi di nomor urut 1 (satu) dan Zainal Abidin-Dewi Khalifah di nomor urut 2 (dua). (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015