Pasuruan, (Antara Jatim) - Kelas Insipirasi  (KI) Pasuruan menggandeng komunitas sapa sepatumu menggelar kegiatan menyapa pelajar sebagai bentuk kegiatan kepedulian terhadap pendidikan.

Salah seorang Person In Charge (PIC) KI  Pasuruan Fahmi Nur Rizky PIC, Minggu, mengatakan, bahwa Kelas Inspirasi adalah gerakan para profesional turun ke Sekolah Dasar (SD) selama sehari, berbagi cerita dan pengalaman kerja juga motivasi meraih cita-cita. 

"Cerita tersebut akan menjadi bibit untuk para siswa bermimpi dan merangsang tumbuhnya cita-cita tanpa batas pada diri mereka. Kelas Inspirasi ini juga tak sekadar menjadi ajang berbagi semangat berjuang mencapai cita-cita dan pengetahuan profesi dalam satu hari," katanya dalam siaran pers yang diterima Antara.

Ia mengemukakan, kegiatan juga menjadi kesempatan silaturahim antara penggerak pendidikan di sekolah dengan kalangan professional. 

"Kelas Inspirasi sepenuhnya bersifat kerelawanan dan menyaratkan pengorbanan kepada relawan," katanya.

Sedangkan Komunitas Sepatumu yang digawangi oleh Faris Hidayat menjelaskan bahwa ide dasar sepatumu adalah bagaimana kita bisa berkontribusi bagi pendidikan Indonesia. 

"Kontribusi yang dipilih adalah berbagi sepatu untuk pelajar. Kenapa sepatu dan bukan hal lain. Kalau bicara pendidikan, sepatu ini sering dikategorikan sebagai kebutuhan tersier," katanya.

Menurutnya, sepatu lah yang membawa langkah kaki adik-adik pelajar itu ke sekolah.

"Komunitas sepatumu mengadakan fundraising dengan menjual baju bekas dari para donatur. Beberapa donatur juga memberikan uang 'cash' untuk pembelian sepatu tersebut," katanya.

Ia menjelaskan, karena kesamaan visi dan misi ini, maka Kelas Inspirasi Pasuruan bersinergi dengan Komunitas Sepatumu untuk menginspirasi sekaligus membagikan sepatu pada mereka yang membutuhkan.

Pada kegiatan ini, seluruh relawan berjumlah 27 orang dari berbagai daerah dan profesi bersama sama turun tangan menyapa 114 pelajar di SDN Keduwung I, desa Keduwung, Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan.

Untuk kelas 5 dan 6 mereka mendapatkan sharing dari relawan profesional, ada sekretaris, pengusaha, bidan, desain grafis, dan penyiar radio. 

Sedangkan kelas 1 sampai dengan 4 diajak untuk bermain permainan edukatif yang merangsang kreativitas. Di akhir acara mereka bersama sama mengganti sepatu lama dengan sepatu yang baru dan menulis cita cita mereka.

"Diharapkan kegiatan Menyapa Pelajar ini menjadi gerakan yang terus tumbuh secara organik di kalangan masyarakat untuk menjadi wahana yang melibatkan lebih banyak lagi pihak dalam rangka memajukan pendidikan di Pasuruan," ungkap Achmad Faiz Mukhorrobin selaku koordinator kegiatan Menyapa Pelajar ini.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015