Lumajang (Antara Jatim) - LSM Laskar Hijau mengajak warga untuk melakukan penghijauan melalui kegiatan bertajuk "Kenduri Pohon" di Gunung Lemongan yang memiliki ketinggian 1.671 meter dari permukaan laut di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, 14-15 November 2015.

"Kegiatan itu merupakan kegiatan rutin tahunan sebagai prosesi awal musim tanam di Gunung Lemongan, apalagi saat ini sudah mulai memasuki musim hujan di Lumajang," kata Koordinator LSM Laskar Hijau, A'ak Abdullah Al Kudus di Lumajang, Jumat.

Ia mengatakan kegiatan "Kenduri Pohon" tersebut akan digelar di pelataran padepokan Mbah Citro yang berada di lereng Gunung Lemongan dan kegiatan itu bersifat terbuka, sehingga siapapun boleh terlibat tanpa dipungut biaya.

"Kami mengajak warga sekitar dan para aktivis lingkungan dari berbagai daerah di Indonesia untuk berpartisipasi menghijaukan hutan di lereng Gunung Lemongan," tuturnya.

Menurutnya, bibit pohon yang sudah disiapkan panitia terdiri dari bibit bambu, jambu, rambutan, alpukat, sirsak, trembesi, dan masih banyak jenis lainnya dengan total bibit sekitar 10.000 pohon.

"Bibit-bibit tersebut selain berasal dari kebun pembibitan milik Laskar Hijau sendiri, juga berasal dari sumbangan berbagai pihak termasuk dari Perhutani," ucap aktivis yang menjadi tim advokasi kasus Salim Kancil itu.

A'ak mengundang seluruh masyarakat yang memiliki kepedulian bagi pelestarian lingkungan untuk terlibat dan berpartisipasi dalam kegiatan penghijauan yang digelar selama dua hari di lereng Gunung Lemongan itu.

"Kegiatan 'Kenduri Pohon' sejak awal digagas untuk menjadi agenda rutin tahunan dalam rangka menghijaukan kembali gunung yang memiliki ketinggian 1.671 mdpl itu," paparnya.

Peserta dari berbagai daerah dikabarkan akan berdatangan pada Jum’at malam dan mereka akan mendirikan tenda di "camping ground" yang sudah disediakan oleh panitia dan bagi peserta yang tidak membawa tenda, bisa menggunakan padepokan milik Mbah citro sebagai tempat berteduh.

Bupati Lumajang As'at Malik dan Kepala Perum Perhutani Divre Jawa Timur rencananya akan hadir dan terlibat langsung dalam aksi penanaman 10.000 pohon di lereng Gunung Lemongan tersebut.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015