Surabaya (Antara Jatim) - Dewan Pimpinan Pusat Partai NasDem Jawa Timur mengingatkan kader dan simpatisannya bebas memilih calon wali kota maupun bupati yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2015.

"Khusus di sejumlah Pilkada yang tidak didukung partai, kami bebaskan memilih siapapun sesuai hati nuraninya," ujar Ketua DPW Partai NasDem Jatim Effendi Choirie di sela tasyakuran HUT ke-4 NasDem di kantornya, Jalan Kartini Surabaya, Rabu.

Sejumlah Pilkada di Jatim yang partainya mengibarkan "bendera putih" yakni, Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Kediri.

"Alasan kami tak mendukung di beberapa Pilkada karena tidak ada kecocokan antara NasDem dengan calon-calon yang maju," kata mantan anggota DPR RI tersebut.

Ketika disinggung apakah keputusan partainya tidak memecah belah internal, mantan politisi PKB tersebut menampiknya dan menegaskan justru melatih kadernya untuk lebih dewasa berdemokrasi.

Pada peringatan HUT ke-4, Partai NasDem mendapatkan kado tumpeng dan bunga ucapan selamat ulang tahun dari pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Rasiyo-Lucy Kurniasari.

Kendati demikian, Gus Choi, sapaan akrab Effendi Choirie mengaku tak bergeming dan tetap tak menentukan pilihannya ke salah satu pasangan calon kepala daerah di "Kota Pahlawan".

"Terima kasih atas ucapan selamat ulang tahun dan tumpeng yang sudah dikirim. Terima kasih juga perhatiannya terhadap NasDem. Tapi saya tegaskan lagi, Partai NasDem tetap mempersilakan kader memilih siapa saja," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015