Surabaya, (Antara Jatim) - PT Pelindo III (Persero) bekerja sama dengan PT Terminal Teluk Lamong dan Pertamina melakukan penanaman 10 ribu bibit mangrove di kawasan pesisir utara Surabaya, Jawa Timur sebagai komitmen untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Direktur Utama PT Terminal Teluk Lamong, Prasetyadi, Jumat, mengatakan penanaman bibit mangrove merupakan sinergi BUMN antara PT Pelindo III (Persero), Terminal Teluk Lamong dan PT Pertamina (Persero) sebagai perwujudan pelestarian lingkungan melalui penghijauan.  

"Kegiatan kali ini merupakan salah satu bentuk sinergi BUMN untuk memberikan manfaat kepada lingkungan dan masyarakat, sehingga akan terjalin kerja sama yang baik dengan semua pihak," ucapnya di Surabaya.

Sedangkan Area Manager Pertamina Partnership Program Region Jatim Balinus, Amrun Mahda mengatakan penanaman mangrove di area pesisir utara Surabaya merupakan program kemitraan lingkungan dengan masyarakat.

Diharapkan, kata Amrun dapat terus dilakukan agar perusahaan plat merah yang ada di wilayah Jatim dapat terus memberikan kontribusi penuh kepada masyarakat. 

Sekretaris PT Pelindo III (Persero) Yon Irawan, mengatakan penanaman dilakukan juga sebagai salah satu pembuktian komitmen "green port" atau pelabuhan hijau Terminal Teluk Lamong.

"Pelindo III menyambut baik acara seperti ini demi menjaga kelestarian lingkungan serta mohon agar masyarakat menjaga dan merawat pertumbuhan mangrove tersebut agar lestari dan bermanfaat," katanya.

Sementara itu, kegiatan penanaman kali ini merupakan yang kedua setelah pada November 2014 juga telah ditanam 11.000 mangrove di kawasan Terminal Teluk Lamong.

"Kita berharap penanaman mangrove bisa menjaga ekosistem lingkungan Terminal Teluk Lamong, dan sinergi antarBUMN dapat terus dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan sehingga memberikan dampak positif bagi masyarakat dan mendongkrak perekonomian bangsa," kata dia.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015