Sidoarjo (Antara Jatim) - Ribuan Prajurit Marinir mengikuti kegiatan donor darah dalam rangka peringatan HUT ke-70 Korps Marinir yang jatuh pada tanggal 15 November 2015.

Komandan Batalyon Kesehatan-1 Marinir Letkol Laut (K) drg Ketut Triwanto, Sp.Ort, Kamis mengatakan, kegiatan donor darah tersebut diikuti oleh 1.491 prajurit Marinir Wilayah Timur (Marwiltim).

"`Setetes Darah Prajurit Marinir Selamatkan Jiwa Sesama Manusia` itulah tema kegiatan donor darah yang dilaksanakan prajurit Marinir Wilayah Timur (Marwiltim), di Gedung Edianto Balai Prajurit Brigif-1 Marinir Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur," katanya dalam siaran persnya.

Ia mengemukakan, kegiatan donor darah tersebut merupakan wujud nyata kepedulian prajurit Korps Marinir terhadap masyarakat, khususnya mengenai kebutuhan persediaan darah.

"Donor darah ini rutin dilakukan oleh prajurit Korps Marinir setiap tahunnya, karena dengan setetes darah, dapat menyelamatkan jiwa seseorang," katanya.

Ia menegaskan, kegiatan donor darah dalam rangka HUT ke-70 Korps Marinir tersebut melibatkan empat kantor cabang PMI yaitu PMI Sidoarjo, PMI Gresik, PMI Mojokerto dan PMI Surabaya.

"Untuk lokasi pengambilan darah, dibagi menjadi empat tempat yaitu tempat pertama dilaksanakan di Bapra Brigif-1 Marinir, Gedangan, Sidoarjo, untuk prajurit Yonif-3 Marinir dan Kima Brigif-1 Marinir oleh PMI Sidoarjo," katanya.

Sementara itu, kata dia, tempat kedua di Indoor Sport Karangpilang untuk prajurit dari Menart-1 Mar, Menbanpur-1 Mar dan Yontankfib-1 Marinir oleh PMI Gresik," katanya.

"Sedangkan tempat ke tiga di Bapra Lanmar Surabaya Jl. Opak No. 9 Surabaya untuk prajurit Kolatmar dan Lanmar Surabaya oleh PMI Mojokerto dan tempat ke empat yaitu di Mako Menkav-1 Marinir Semarung, Ujung, Semampir, Surabaya untuk prajurit Yonif-1 Mar. Yonif-5 Mar, Yonranratfib-1 Mar, Yonkapa-1 Mar dan Kima Menkav-1 Mar oleh PMI Surabaya," katanya.

Dirinya menyebut, dari ke empat tersebut sebanyak 1.491 prajurit Korps Marinir menyumbangkan darahnya, dengan rincian 338 prajurit di Bapra Brigif-1 Marinir, 465 prajurit di Indoor Sport Karangpilang.

"Terdapat juga sebanyak 386 prajurit di Mako Menkav-1 Mar Semarung dan 302 prajurit di Bapra Lanmar Surabaya," katanya. (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015