Kediri (Antara Jatim) - Kecelakaan beruntun terjadi di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, melibatkan bus pariwisata yang mengangkut karyawan PT Gudang Garam, Tbk serta truk di Desa Keling, Kecamatan Kepung, dan mengakibatkan tiga orang meninggal dunia.

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Kediri AKP Heru Judo, Minggu mengatakan kecelakan itu terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Dua bus pariwisata yang mengangkut karyawan PT Gudang Garam, mengalami tabrakan beruntun.

"Bus saat itu dikawal polisi. Kecelakaannya melibatkan satu truk engkel, satu truk tronton, serta satu sepeda motor," katanya saat dikonfirmasi.

Informasi yang dihimpun, awal kecelakaan itu terdapat sebuah truk tronton fuso yang sedang parkir. Truk yang dalam keadaan kosong muatan tersebut diparkir menghadap ke arah timur atau dari arah Pare ke Kandangan.

Sementara itu, dari arah yang sama Kecamatan Pare ke Kandangan, juga melaju truk penuh muatan kelapa. Sedangkan, di belakang truk, terdapat sepeda motor yang juga melaju ke arah yang sama, ke arah Kandangan. Dan, dari arah depan, atau arah sebaliknya, diketahui rombongan bus pariwisata yang mengangkut para karyawan PT Gudang Garam, Tbk.

Truk pengangkut kelapa tersebut diketahui hendak mendahului truk yang parkir, sementara di depannya melaju rombongan bus pariwisata. Karena sudah terlalu dekat, kecelakaan tidak dapat dihindarkan.

Kepala bus pariwisata menabrak kepala truk, sehingga penyok. Sementara itu, karena berhenti mendadak, bus bagian belakang bus yang kecelakaan tersebut juga tidak dapat menghindar dari kecelakaan.

Selain itu, di belakang truk yang juga terdapat seorang pengemudi sepeda motor, juga tidak luput dari kecelakaan. Sepeda motornya masuk ke kolong truk dan penyok. Namun, pengendara itu diketahui masih sadar saat dievakuasi warga.

Dalam kecelakaan tersebut, kondisi dua pengendara truk pengangkut kelapa memprihatinkan. Mereka meninggal dunia di lokasi kejadian, bahkan badan sopir juga sempat tergencet akibat kecelakaan tersebut.

Musibah kecelakaan itu juga mengakibatkan macet panjang. Polisi sempat kesulitan mengevakuasi tubuh korban yang tergencet truk tersebut, hingga akhirnya setelah lebih dari satu jam, polisi berhasil mengevakuasinya.

Kedua korban meninggal dunia tersebut di bawa ke RS HVA Pare, Kabupaten Kediri. Mereka dirawat di ruang jenazah rumah sakit tersebut.

Selain dua orang tersebut, seorang lagi juga dikabarkan meninggal dunia. Ia adalah karyawan PT Gudang Garam, Tbk, yang ikut rombongan setelah berwisata ke Jatim Park, Batu.

Sampai saat ini, polisi berupaya mengatur arus lalu lintas di lokasi bekas kecelakaan tersebut. Selain itu, polisi juga mengevakuasi bangkai kendaraan yang terlibat kecelakaan tersebut.

Sejumlah penumpang bus pariwisata yang mengangkut para karyawan PT Gudang Garam, Tbk, Kediri juga sudah dievakuasi ke bus lain, sehingga isi bus tersebut kosong dari penumpang. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015