Surabaya (Antara Jatim) - Desain alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye (BK) untuk dua pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya yakni Rasiyo-Lucy (Demokrat dan PAN) dan Risma-Whisnu (PDIP) sudah disepakati oleh semua pihak dan dalam waktu dekat siap dicetak.
    
"Nomor dua sudah tidak ada masalah. Desain sudah sesuai, tinggal bagaimana aplikasinya nanti," ujar Liaison Officer (LO) atau pihak penghubung Pasangan Calon Risma-Whisnu, Sukadar saat menghadiri approving (persetujuan) desain APK dan BK di KPU Surabaya, Jumat.
    
Sementara, LO Pasangan Calon Rasiyo-Lucy, Achmad Zainul Arifin masih mempertanyakan apakah material bahan APK dan BK sama dengan contoh. "KPU sendiri belum bisa memastikan. Harapan kami sama," ujarnya.
    
Meski seluruh desain sudah siap cetak ternyata baru satu lokasi baliho yang sudah terpasang, yaitu di Jalan Indrapura.
    
Mengenai hal ini, Komisioner KPU Surabaya Miftakhul Gufron membenarkan bahwa APK yang terpasang baru satu, yaitu baliho di Jalan Indrapura.
    
"Masalahnya memang lampu. Tapi kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan untuk menambah satu lampu, masih proses," katanya.
    
KPU sebetulnya juga telah memasang baliho di daerah Bundaran Waru. Namun, menurut informasi masih ada kendala media pemasangan dan izin dari pemilik lahan.
    
Arifin mengatakan, baliho yang seharusnya dipasang di tiang-tiang mal City of Tommorow belum terpasang karena tiang penyanggah ternyata tidak kuat menahan baliho.
    
"Dipindah ke Bundaran Waru, ternyata tidak boleh dipasang di situ. Dan balihonya sudah dicopot dan diletakkan begitu saja di sana (di Bundaran Waru)," katanya.
    
Gufron mengatakan nantinya lokasi pemasangan untuk Surabaya Selatan tetap di sekitar Bundaran Waru. "Masih kita proses, mana yang tepat, dan kami buatkan juga penyanggahnya," ujarnya.
    
KPU menargetkan seluruh baliho sudah terpasang pada Minggu (11/10). Belum jelas, kapan KPU mulai memasang 10 Umbul-Umbul untuk masing-masing Paslon di tiap kecamatan. Atau kurang lebih sebanyak 620 umbul-umbul.
    
Sementara untuk spanduk, pencetakan desain oleh rekanan KPU diperkirakan selesai selama dua atau tiga hari. "Kami harap lebih cepat lebih baik," ujar Gufron.
    
Sedangkan Bahan Kampanye seperti poster dan selebaran sejumlah 864 ribu lebih dalam proses cetak selama 14 hari atau dua minggu dejak disetujui.
    
Adapun untuk pencetakan APK, KPU menunjuk langsung CV Siaga untuk mencetak sekaligus memasangnya di titik yang telah dktentukan. Sedangkan untuk bahan kampanye, KPU menyerahkan pencetakan kepada PT Antar Surya Jaya sebagai rekanan pemenang tender. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015