Surabaya (Antara Jatim) - Calon Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menemui desainer muda yang namanya telah mendunia setelah meraih penghargaan di "Couture Fashion Week" di New York Amerika Serikat, Diana Muljono Putri di kawasan Dharma Husada Indah, Kota Surabaya, Selasa.

Risma mengungkapkan kekaguman hasil karya kreatif warga Surabaya itu. "Ini hasil karya luar biasa, kebetulan saya suka memperhatikan fashion," ujar Risma saat mendatangi kediaman Diana.

Risma mengakui hasil karya Diana dalam mendesain tidak kalah dengan desainer lainnya di Indonesia, bahkan luar negeri. Mantan Wali Kota Surabaya ini mengaku bangga dengan prestasi Diana Muljono Putri.

Ia berharap Surabaya bisa melahirkan para desainer muda yang produknya luar biasa. "Selama ini 'kan untuk fashion identik dengan Jakarta. Ke depan, saya punya cita-cita Surabaya juga bisa menjadi Kota Fashion," katanya.

Ia mengatakan jika industri kreatif seperti fashion ini berkembang di Surabaya, dampaknya sangat positif terhadap dunia kerja karena untuk menyesaikan satu desain membutuhkan keterlibatan beberapa orang dalam satu tim.

"Di industri kreatif ini kan butuh pekerja banyak, seperti bagian bordirnya kemudian bahan-bahannya," terangnya.

Risma yakin industri kreatif di Kota Pahlawan ini akan terus berkembang asalkan menurutnya para desainer mempunyai keberanian dan percaya diri bisa berprestasi bukan saja di tanah air melainkan juga di dunia Internasional.

"Saya yakin desainer Surabaya akan bangkit dan berkembang menjadi besar," kata peraih Doktor honoris Causa dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Calon Wali kota yang berpasangan dengan Calon Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana tersebut mengungkapkan sebenarnya di Surabaya memiliki agenda pagelaran fashion yang diberi nama Surabaya Fashion Week.

Dengan keterlibatan Diana dalam event tersebut diharapkan bisa mengangkat nama Surabaya dan Indonesia. Bahkan, kegiatan tersebut bisa menjadi agenda fashion dunia.

"Mudah-mudahan, dengan Surabaya Fashion Week ini mbak Diana bisa mengangkat nama Indonesia dan Surabaya bisa menjadi agenda fashion dunia," katanya.

Diana Muljono Putri menyatakan rasa bangganya. Ia mengatakan, kebanggaan yang dirasakan bahkan melebihi saat dirinya memenangi event bertaraf Internasional pada 11 September 2015.

"Senang banget dikunjungi ibu (risma), ini melebihi kemenangan saya waktu itu," ujarnya.

Diana mengatakan sebenarnya dirinya telah lama menganggumi sosok Risma. Selain, wise (bijaksana), humble (ramah) menurutnya Risma juga sederhana dan decision maker.

"Saya kagum banget dengan ibu, saya merasa terhormat Ibu bisa datang ke sini," katanya kepada risma.

Diana berharap dunia fashion di tanah air terus bisa berkembang. Hal ini dikarenakan banyak potensi yang bisa digali dari kekayaan alam yang ada di Indonesia.

"Jangan kalah dengan desainer luar (negeri). Banyak yang bisa kita explore, kain, filosofi semuanya bisa jadi inspirasi," katanya.

Ia mengaku terjun ke dunia fashion sejak 7 tahun lalu. Diana bersyukur dengan kemanangannya di ajang internasional lalu bisa mengangkat nama Surabaya.

Dalam ajang  Couture Fashion Week di New york Amerika Serikat, desainer asal indonesia yang mengikuti hanya 3 orang , yakni dirinya, Anisa Hasibuan, dan Safira. Sementara desainer lainnya berasal dari 50 negara. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015