Surabaya (Antara) - Satuan Tugas (Satgas) Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXIV/2015 memberikan penyuluhan bela negara dan bahaya narkoba kepada siswa-siswi SMU Negeri 2 dan SMP Negeri 1 Banggai Laut.

Kadispen Koarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman dalam keterangan pers yang diterima Antara di Surabaya, Rabu, menjelaskan penyuluhan itu merupakan bagian dari rangkaian bakti sosial di Banggai, Sulawesi Tengah, 21-23 September 2015.

"Penyuluhan dilaksanakan oleh Komandan Satgas SBJ LXIV/2015 Kolonel Laut (P) Soetarmono M.Si (Han) bersama Unit Tugas (UT) Pelayanan Masyarakat (Yanmas) SBU LXIV/2015," katanya.

Setelah penyuluhan Dansatgas SBJ Kolonel Laut (P) Soetarmono M.Si (Han) yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Bantu (Dansatban) Koarmatim itu menyerahkan bahan kontak kepada sekolah itu.

Bahan kontak yang diserahkan itu berupa perlengkapan belajar mengajar yang meliputi buku, papan tulis, sepatu, jam dinding, dan biskuit anak sekolah serta perlengkapan olahraga yang meliputi bola basket, bola voly, raket, bet tenis meja, dan papan catur.

Setelah penyerahan bahan kontak secara simbolis kepada Kepala Sekolah SMUN 2 dan SMPN 1, Dansatgas beserta UT Yanmas menyerahkan bahan kontak ke Mushalla Babussalam, Kelurahan Dodung. berupa perlengkapan shalat yang meliputi sajadah,  Al Quran, sarung, peci, jam dinding dan biskuit.

Selain itu, Dansatgas juga menyerahkan bahan kontak ke Gereja Protestan Indonesia di Banggai Kepulauan (GPIBK) berupa perlengkapan ibadah meliputi Alkitab, kursi, gitar, kipas angin, dan biskuit.

Setelah penyerahan bahan kontak di rumah ibadah, penyerahan bahan kontak juga dilakukan Dansatgas kepada masyarakat desa pesisir berupa genset, jaring nelayan, pancing ikan, gitar, dan biskuit.

Penyerahan bahan kontak untuk masyarakat pesisir itu diserahterimakan secara simbolis kepada Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Banggai Laut di Kantor Bappeda Banggai, Sulawesi Tengah.

Sebelumnya (21/9), kedatangan Dansatgas beserta rombongan ke Banggai Laut dengan KRI dr Soeharso disambut dengan penampilan drumband SMP Negeri 2 Banggai Laut serta pengalungan bunga oleh perwakilan pemuda-pemudi Banggai Laut kepada Komandan dan Wakil Komandan Satgas SBJ 2015.

Dalam bakti sosial itu, Satgas SBJ 2015 melaksanakan pelayanan kesehatan gratis di ruang tunggu Pelabuhan Laut Banggai dan di atas KRI dr. Soeharso-990 yang sandar di Dermaga Pelabuhan Laut Banggai.

Selain pengobatan gratis, Satgas SBJ 2015 juga melaksanakan renovasi Mushalla SMA Negeri 2 Banggai yang dilaksanakan oleh Unit Tugas Sarana dan Prasarana (Sarpras) serta memberikan penyuluhan ke sekolah-sekolah dan masyarakat setempat.

Pada malam harinya, masyarakat Banggai Laut dihibur dengan pemutaran Film oleh Unit Tugas Penerangan SBJ 2015 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Banggai. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015