Madiun  (Antara Jatim) - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Madiun, Jawa Timur, menjamin ketersediaan hewan ternak untuk keperluan kurban pada hari raya Idul Adha 1436 Hijriah/2015 sangat cukup.
     
"Untuk ketersediaan hewan kurban di Kabupaten Madiun sangat cukup. Apalagi diperkirakan jumlah masyarakat yang melakukan kurban akan menurun karena kondisi ekonomi. Sehingga masyarakat tidak perlu cemas," ujar Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Madiun, Lilin Syarifah, kepada wartawan, Rabu.
     
Menurut dia, stok yang mencukupi tersebut didukung oleh jumlah populasi hewan ternak yang lebih banyak dari kebutuhan.
     
Adapun, jumlah populasi sapi di wilayah Kabupaten Madiun hingga saat ini mencapai 60.000 ekor. Sedangkan, jumlah populasi kambing berbagai jenis di Kabupaten Madiun saat ini mencapai 70.000 ekor.
     
Sementara, untuk tahun lalu, jumlah sapi yang dikurbankan di Kabupaten Madiun mencapai 1.240 ekor dan kambing sebanyak 12.500 ekor.
     
Karena stok aman, lanjutnya, Kabupaten Madiun tidak perlu mendatangkan hewan ternak dari luar daerah. Bahkan, hewan ternak dari Kabupaten Madiun banyak yang dikirim keluar daerah. Di antaranya ke DKI Jakarta, Jawa Barat, dan daerah sekitar Madiun sendiri.
     
Selain menjamin dari segi ketersediaan, pihaknya juga menjamin semua hewan ternak yang akan dikurbankan dalam keadaan sehat dan layak konsumsi. 
     
Guna mencegah hewan kurban tidak layak, pihaknya akan gencar melakukan pemeriksaan kesehatan hewan pada H-7 hari raya Idul Adha. 
     
"Hal itu bertujuan agar hewan yang akan dikurbankan tidak sakit atau mempunyai penyakit yang membahayakan," tambahnya.(*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015