Jember (Antara Jatim) - Rumah Sakit Siloam milik Lippo Group yang dibangun di Kabupaten Jember, Jawa Timur, rencananya akan beroperasi pada Maret 2016.

"Rencananya Siloam Hospital akan beroperasi Maret 2016 dan rumah sakit Siloam ini merupakan ke-21 di Indonesia," kata Direktur Siloam Hospital Group S. Budisuharto di sela peresmian "topping off" (pengecoran atap) Siloam Hospital Tower di Jember, Senin.

Meskipun bertaraf internasional, RS Siloam menyiapkan sebanyak 200 tempat tidur dari 350 tempat tidur yang tersedia untuk pengguna asuransi kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Dalam kesempatan peresmian itu, dijelaskan Menara RS Siloam di Jember terdiri dari 19 lantai yakni tiga lantai dasar, lantai bawah, 13 lantai untuk rumah sakit, ditambah dengan atap dan satu lagi untuk helipad di puncak menara.

"Rumah sakit ini menempati tanah seluas 1,2 hektare dan bangunan seluas 13,9 ha dengan investasinya mencapai 25 juta dolar AS," katanya.

Menurutnya, RS Siloam di Jember tersebut merupakan yang kedua di Jawa Timur dan satunya berada di Malang, namun di sana masih berupa tanah kosong.

Hal tersebut tidak lepas dari sejarah dari Pemilik Lippo Grup Mochtar Riady yang mengawali karir bisnisnya di Jember, bahkan istrinya merupakan warga asli Jember, sehingga memiliki tanggung jawab bersama untuk menanamkan investasi di kabupaten yang berjuluk "Kota Tembakau" itu.

"Dari 20 RS Siloam di Indonesia, 12 RS di antaranya sudah menerima BPJS Kesehatan karena hal itu sesuai dengan komitmen Pak Mochtar yang ingin keberadaan rumah sakit ini berfungsi sosial," paparnya.

Dengan keberadaan rumah sakit itu diharapkan membuat masyarakat Jember tidak perlu jauh-jauh untuk berobat ke Surabaya, bahkan masyarakat di kabupaten tetangga seperti Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Lumajang dan Probolinggo dapat berobat di RS Siloam.

"Nantinya akan dibangun rumah sakit kecil dan klinik untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jember," katanya.

Sementara Presiden Direktur Wahana Cipta Gemilang selaku penggarap utama dan juga penarik investor Lippo Grup, Hokky Gunarto mengucapkan terima kasih kepada pemkab yang mendukung pembangunan investasi di Jember. 

"Saya sangat dipermudah dalam mengurus izin investasi di Jember. Pemimpin seperti inilah yang diharapkan investor," katanya.

Selain rumah sakit, Jember Icon yang berada di lahan eks Brigif Jember juga akan dibangun sebuah hotel, mall dan sebagainya di menara sebelah timur.

Bupati Jember MZA Djalal berharap beroperasinya RS Siloam dapat bermanfaat untuk masyarakat yang sakit dan bisa mendatangkan rezeki bagi masyarakat Jember, sehingga warga yang ingin berobat tidak perlu jauh-jauh ke luar kota.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015