Gresik, (Antara Jatim) - Erriezzha Arriefqi Hidayat (12), salah satu siswa kelas VI SD Negeri 2 Sidokumpul Kabupaten Gresik, Jawa Timur terpilih mewakili Indonesia dalam kompetisi dunia yang bertajuk "World Creativity Festival" bidang IPA di Korea Selatan.

Ibu siswa, Tri Puji Utami, Senin di Gresik mengatakan terpilihnya Erriza (panggilan akrab siswa tersebut) setelah melalui seleksi ketat dengan berbagai siswa dari seluruh Indonesia.

Kemudian, Erriza yang beralamat di Perum Montana Asri B4, Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo I D Gresik itu terpilih mewakili Indonesia dalam festival bidang IPA yang akan berlangsung di Daejeon Korea.

Tri mengatakan, sebelum berangkat ke Korea Selatan Erriza masih harus mengikuti bimbingan dan pelatihan yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan.

"Pelatihan akan dimulai Rabu (16/9),  dan kami akan segera berangkat ke Jakarta sebelum tanggal tersebut," kata Tri yang ditemui usai menghadap Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto, di Gresik.

Dikatakannya, Erriza sejak kelas I selalu menduduki ranking atau urutan I di kelasnya di bidang IPA, meski tidak pernah les khusus untuk bidang mata pelajaran tertentu kecuali bahasa inggris.

"Dia hanya belajar selama dua jam setelah Maghrib, kemudian disibukkan dengan kegiatan di luar akademik, les piano, kegiatan olahraga beladiri dan renang," katanya.

Menanggapi prestasi ini, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengaku bangga, sebab putera Gresik bisa berjuang membawa nama baik Indonesia.

Selain itu Sambari juga menyampaikan selamat kepada putera pasangan Ferry Hidayat (51) dan Tri Puji Utami (45) atas terpilihnya sebagai wakil Indonesia.

"Semoga Erriza berhasil sehingga nama Indonesia dan khususnya Gresik bisa harum di dunia International," ucap Sambari yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Gresik, Mahin.

Dalam kesempatan itu, Sambari memberi bekal sejumlah uang, serta satu paket ginseng agar Erriza paham negeri yang akan dikunjungi tersebut adalah negara yang punya sebutan negeri ginseng.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015