Sumenep (Antara Jatim) - Sebanyak 200 personel Kepolisian Resor (Polres) Sumenep, Jawa Timur, akan disiagakan untuk mengamankan proses pemberangkatan calon haji setempat ke Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, pada Jumat (11/9) dini hari.

"Sesuai hasil koordinasi dengan panitia, para calon haji akan diberangkatkan secara serentak ke Asrama Haji Sukolilo dengan menggunakan bus dari kawasan timur Gelanggang Olahraga (GOR) A Yani di Kecamatan Kota pada Jumat dini hari sekitar pukul 02.00 WIB," kata Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Hasanuddin di Sumenep, Rabu.

Ia menjelaskan, sebanyak 200 personel pengamanan itu mulai disiagakan di kawasan timur GOR A Yani dan sejumlah simpul jalan ke lokasi pemberangkatan serentak pada Kamis (10/9) malam sekitar pukul 22.00 WIB.

"Personel yang disiagakan itu merupakan gabungan dari sejumlah fungsi di Polres Sumenep. Anggota yang disiagakan untuk mengatur arus lalu lintas di sejumlah simpul jalan akses ke GOR A Yani adalah personel satuan lalu lintas," ujarnya.

Hasan juga berharap kepada warga yang akan mengantarkan calon haji ke GOR A Yani untuk tidak mengenakan perhiasan yang berlebihan.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, kawasan timur GOR A Yani dipastikan akan ramai atau dipenuhi oleh warga setiap ada pemberangkatan calon haji. Kami mengimbau para pengantar (kerabat calon haji) tidak mengenakan perhiasan secara berlebihan guna menghindari hal-hal tak diinginkan," katanya.

Sesuai data di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep, jumlah calon haji setempat pada tahun ini sebanyak 607 orang dan tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 50 dan kloter 51.

Calon haji yang tergabung dalam kloter 50 berasal dari sejumlah daerah, di antaranya Sumenep, Pamekasan, dan Surabaya. Sementara di kloter 51, semua calon haji berasal dari Sumenep. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015