Surabaya, (Antara Jatim) - Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Jatim melibatkan sebanyak 45 jurnalis di wilayah Jatim untuk bersosialisasi mengenalkan produk Pertalite di masyarakat pengguna kendaraan, dalam rangka Hari Konsumen yang jatuh tanggal 4 September 2015.

"Kegiatan ini sengaja kami gelar sebagai ajang silaturahmi dengan para media yang selama ini secara aktif membantu publikasi pemasaran Pertalite," ucap General Manager Pertamina MOR V Ageng Giriyono, Jumat di Surabaya.

Dalam kegiatan itu, Pertamina sengaja ingin menguji keahlian para jurnalis di luar bidang tulis menulis berita, yakni mengenalkan dengan membantu penjualan produk Pertalite di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang ditunjuk.

"Ini juga bagian dari rangkaian program "Move On To Pertalite" yang sedang digalakkan Pertamina MOR V, untuk meningkatkan penjualan Pertalite. Sementara dalam kegiatan itu kita berikan hadiah langsung cinderamata kepada konsumen yang membeli Pertalite yang ditawarkan para jurnalis," katanya.

Ageng menjelaskan, beberapa cinderamata yang diberikan seperti cangkir, topi dan alat tulis kepada konsumen setia Pertalite adalah bentuk apresiasi Pertamina dalam rangka Hari Konsumen.

"Pokok kegiatan ini yakni bagaimana dalam waktu satu jam para jurnalis mampu meyakinkan sebanyak-banyaknya konsumen Premium untuk beralih atau pindah mencoba produk Pertalite," katanya.

Di akhir kegiatan, jumlah konsumen Premium yang dialihkan oleh puluhan jurnalis ke Pertalite sebanyak 775 konsumen yang terdiri 641 konsumen roda dua dan 134 konsumen mobil.

"Saya tidak menyangka rekan-rekan jurnalis pintar dalam membantu mensosialisasikan konsumen untuk pindah ke Pertalite, dan ini membuat saya terharu sekaligus bangga dapat bersinergi dengan semua rekan-rekan," ucap Ageng, setelah melihat hasil sosialisasi puluhan rekan Jurnalis.

Sementara itu, usai kegiatan Pertamina memberikan apresiasi dan penghargaan kepada setiap jurnalis, dan rencananya juga akan mengadakan kegiatan serupa dengan melibatkan segmen lainnya.

"Kita punya program "One Hour Promo" secara bergiliran dan periodik di sejumlah SPBU yang telah menyediakan Pertalite, dan ke depan akan kita mencoba melibatkan segemen lain," ucapnya.

Salah satu jurnalis, Budi mengaku perlu keahlian khusus meyakinkan produk Pertalite kepada masyarakat, sebab sejumlah masih belum mengenal secara jelas produk tersebut.

"Ini pengalaman menarik bagi saya dan rekan-rekan jurnalis. Dan ternyata, antusias masyarakat dalam membeli produk Pertalite cukup bagus meski mayoritas belum seberapa mengenal produk tersebut, mungkin karena hadiah yang ditawarkan," katanya.(*)

Pewarta: Abdul Malik Ibrahim

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015