Bojonegoro (Antara Jatim)- Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, Suyoto, meminta calon haji di daerahnya mendoakan Indonesia, agar menjadi negara dengan Pemerintahan yang stabil dan adil, sehingga semua warganya menjadi makmur dan sejahtera.
    
"Kami minta semua calon haji Bojonegoro ketika di Tanah Suci, mendokan Indonesia, agar menjadi negara yang adil dan makmur," katanya, ketika pemberangkatan calon haji di Bojonegoro, Kamis.      
    
Ia juga meminta calon haji di daerahnya mendoakan seluruh warga Bojonegoro, tidak hanya menjadi makmur dan sejahtera, juga mendoakan agar semua anak-anak bisa berkembang sehat dan cerdas.
    
"Kalau anak-anak kita semua berkembang sehat dan cerdas, kelak semuanya bisa berangkat haji," tandasnya.
    
Pada kesempatan itu, ia mengimbau sebanyak 1.157 calon haji daerahnya yang berangkat musim haji tahun ini, menjaga nama baik Indonesia, dengan berperilaku baik dan terpuji selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.
    
"Saya minta calon haji Bojonegoro bisa menjaga nama baik Indonesia. Sebab, kalau sudah di Tanah Suci, semua perbuatan kita akan kelihatan," tuturnya.
    
Apalagi, menurut dia,  keberangkatan calon haji daerahnya itu ke Tanah Suci, sebagai tamu Allah SWT.
    
Ia mengibaratkan keberangkatan calon haji daerahnya ke Tanah Suci itu, sebagai utusan Indonesia, dalam muktamar umat Islam se-dunia.
    
Oleh karena itu, lanjutnya, semua calon haji adalah sebagai utusan Indonesia, bukan lagi utusan daerahnya.
    
"Calon haji negara lain tidak akan mengerti Bojonegoro. Ya, harus dijawab dari Indonesia," ucapnya.
    
Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Bojonegoro Wachid Priyono, menjelaskan sebanyak 890 calon haji daerahnya masuk kloter 32 dan 33, berangkat menuju Asrama Haji Sukolilo,  Kamis (4/9).
    
"Sisanya dengan jumlah  267 calon haji yang masuk kloter 34 berangkat, Jumat (4/9) sekitar pukul 02.00 WIB. Sesuai jadwal mereka harus masuk Asrama Haji Sukolilo, pukul 07.00 WIB," katanya.
    
Ia menambahkan ada dua calon haji daerahnya yang sakit, tapi tetap berangkat dengan pengawasan dokter.
    
"Kita belum tahu bagaimana nanti," ucapnya.
    
Pejabat daerah setempat yang juga berangkat haji yaitu Ketua DPRD Mitro'atin, dengan wakilnya Sukur Priyanto dan Ketua Kadin setempat Budiono.  (*)

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015