Jember (Antara Jatim) - Sebanyak 2.000 personel gabungan akan mengamankan Jember Fashion Carnaval (JFC) sejak Kamis hingga Minggu (30/8) di alun-alun Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Pengamanan JFC dilakukan oleh Polri, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, dan TNI dengan menyiagakan sebanyak 2.000 personel," kata Kepala Bagian Operasi Polres Jember, Kompol Kusen Hidayat di Jember.

Menurutnya ribuan personel tersebut akan disiagakan untuk mengamankan pelaksanaan parade busana sepanjang 3,6 kilometer di Jember dan membantu pengalihan arus lalu lintas.

"Akses jalan menuju alun-alun dan kota akan ditutup total selama empat hari yakni mulai hari ini hingga Minggu (30/8)," tuturnya.

Pengamanan JFC, lanjut dia, juga dibantu oleh Brimob Polda Jatim yang mengamankan di sejumlah titik keramaian untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung.

"Sistem pengamanan yang nantinya akan diberlakukan adalah sistim pengamanan  buka-tutup dan bersifat  humanis, sehingga dijamin tidak akan ada kekerasan yang akan dilakukan oleh petugas keamanan yang diterjunkan," paparnya.

Kusen mengatakan penutupan dan pengalihan arus lalu lintas  dilakukan di tempat-tempat yang  akan menjadi  rute  pada serangkaian kegiatan JFC seperti alun-alun kota Jember hingga di Jalan Gajah Mada, Kecamatan Kaliwates dan begitu sebaliknya.

"Penutupan dan pengalihan arus rencananya dilakukan pada pukul 10.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB, namun hal tersebut tergantung kondisi di lapangan," katanya.

Jika penonton masih belum terlihat memadati area pertunjukan, lanjutnya, maka penutupan dan pengalihan arus akan diundur dengan tujuan untuk memberi kesempatan bagi pelajar dan orang tua pelajar yang akan menjemput anak mereka pulang sekolah.

"Saya imbau warga yang menyaksikan JFC bisa tertib dan tidak berbuat hal-hal yang dapat memicu keributan," ujarnya.

Ia juga berharap masyarakat nantinya juga menghargai upaya yang dilakukan aparat dalam mengamankan dan memberikan kenyamanan kepada warga yang menyaksikan kegiatan internasional di Jember itu.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015