Pasuruan (Antara Jatim) - Kecelakaan di Dusun Pelem, Desa Bulusari, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur mengakibatkan empat orang tewas dan lima lainnya luka-luka setelah menabrak empat kendaraan yang berada di depannya.

"Kecelakaan beruntun itu terjadi ketika truk tronton dari arah Malang-Surabaya menabrak kendaraan Toyota Yaris yang berada di depannya hingga terpental ke kanan jalan, kemudian menghantam truk fuso muatan air mineral dari arah berlawanan dan menabrak sepeda motor dan  menabrak pick up L300, lalu tronton berhenti menabrak gudang," kata Kasatlantas Polres Pasuruan, Hendro Gunawan ketika dihubungi melalui telepon, Senin.

Ia mengatakan, akibat kecelakaan tersebut empat korban meninggal dunia yang berasal dari tiga penumpang Daihatsu Ayla dan satu pengendara sepeda motor Yamaha Jupiter berplat nomor W 6573 LX, dan 3 korban mengalami luka berat dari pengendara pick up.

"Tiga korban dari kendaraan Toyota Yaris mengalami kondisi luka di bagian kepala, sedangkan satu korban pengendara sepeda motor mengalami kondisi luka di bagian perut, sehingga korban tewas seketika di lokasi kejadian, sedangkan sopir dan penumpang di pick up mengalami luka yang cukup serius setelah tergencet dalam tubuh mobil kendaraan," paparnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan empat korban meninggal yaitu Sutopo JR (40) warga Kecamatan Gayungan, Surabaya yang merupakan pengendara sepeda motor, kemudian tiga korban dari penumpang Toyota Yaris yaitu Misdi (40) warga Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Zulfiah (50) warga Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, dan Danoe Supriyanti (47) warga Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

"Untuk data korban yang mengalami luka terdapat lima orang yaitu R. Benny HS (40) warga Sukadana, Lampung Timur, Imam Syafii (38) warga Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Andik Ariawan (38) warga Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Sunaryo (40) warga Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang dan Suhendri (20) warga Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk data pengemudi trailer diketahui bernama Asep Hariyanto (26) warga Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan.

Sementara itu, Kepala Desa Bulusari, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Slamet mengatakan kecelakaan beruntun berawal dari truk tronton dari arah Malang-Surabaya yang ingin mendahului kendaraan yang ada di depannya, namun justru menabrak Toyota Yaris hingga terpental ke kanan jalan.

"Truk ini terus menabrak kendaraan yang ada di depannya yaitu Toyota Yaris, sepeda motor, truk dengan muatan air mineral, serta pick up yang mengangkut singkong hingga mengakibatkan singkong tumpah ruah ke jalan, kemudian terhenti karena menabrak sebuah bangunan gudang," jelasnya.

Akibat laka lantas yang terjadi tersebut arus kedua jalur masih mengalamai kemacetan sekitar 3 kilo meter, karena masih dalam proses evakuasi badan truk yang melintang hingga melawan arus. (*)

Pewarta: Laily Widya Arisandhi

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015