Surabaya (Antara Jatim) - Jawa Timur (Jatim) kali ini menjadi tuan rumah kegiatan Temu Karya Ilmiah-Mahasiswa Arsitek Indonesia (TKI-MAI) yang ke-31 di Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya.


"Diselenggarakannya kegiatan TKI-MAI ke 31 tersebut merupakan salah perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang merupakan bentuk tanggung jawab ilmiah mahasiswa khususnya dalam bidang arsitektur karena dalam TKI-MAI ini terdapat unsur pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat," kata Koordinator Badan Pekerja Rayon V, Singgih Imam Prayogi, Rabu


Hal senada juga diutarakan oleh Wakil Rektor II  Untag Surabaya, Retno Hastijanti bahwa TKI-MAI ke 31 merupakan titik pijak bagi kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang arsitektur .


“TKI-MAI ke 31ini merupakan titik pijak bagi kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang arsitektur, serta kegiatan ini juga merupakan sarana untuk bertukar ilmu antar sesama mahasiswa arsitektur se-Indonesia sehingga kesempatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh seluruh peserta TKI-MAI,” katanya.


Lebih lanjut dia mengungkapkan melalui TKI-MAI ke 31 mahasiswa dapat saling bertukar informasi, sehingga dapat memberikan sumbangsih pemikiran dan tenaga bersama dalam membangun desa.


"Selain untuk mengembangkan potensi, TKI-MAI merupakan wadah sekaligus forum untuk berdiskusi, bertukar gagasan atau ide terhadap karya-karya ilmiah yang dihasilkan oleh mahasiswa arsitektur sehingga nantinya mahasiswa teknik arsitektur dapat mengabdikan seluruh disiplin ilmu arsitektur pada masyarakat sebelum akhirnya menyentuh dunia kerja," katanya menjelaskan.


Menurut dia, berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan dalam kegiatan yang diselenggarakan mulai 19 Agustus s/d 1 September 2015 tersebut adalah Seminar Nasional (Untag Surabaya), Sidang Forum Komunikasi (Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya).


Selain itu,  rangkaian kegiatan tersebut antara lain Pengabdian Masyarakat (Desa Gajahrejo dan Sidodadi, Malang), Open Talk (Untag Surabaya), Diskusi Ilmiah (Untag Surabaya), dan ditutup dengan pameran yang menurut rencana akan diselenggarakan di Balai Pemuda Surabaya.


Dalam pembukaan TKI-MAI ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Rektor II Untag Surabaya, Retno Hastijanti, Hadir dalam upacara pembukaan TKI-MAI ke 31 di Untag Surabaya tersebut, antara lain Ketua Program Studi Teknik Arsitektur Untag Surabaya, Tigor Wilfritz Soudon, Koordinator Badan Pekerja Rayon V, Singgih Imam Prayogi, serta beberapa jajaran dosen Teknik Arsitektur Untag Surabaya. (*)

Pewarta: Laily Widya Arisandhi

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015