Jember (Antara Jatim) - Belasan orang dalam komunitas pecinta sepeda motor trail di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin, menggelar upacara bendera dalam rangka HUT ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia di lereng Pegunungan Argopuro (3.088 mdpl).

Belasan penggemar sepeda motor trail yang tergabung dalam "Avatar Trail Adventure Jember" menggunakan atribut ala pejuang kemerdekaan sebagai simbol kecintaannya terhadap para pahlawan yang telah merebut Indonesia dari tangan penjajah.

"Kami menggelar upacara bendera 17 Agustus 2015 di puncak Gunung Sukmaelang atau lereng selatan Pegunungan Argopuro," kata Ketua Komunitas Avatar Trail Adventure Jember, Agus Salim, di Jember.

Belasan sepeda motor trail itu menyusuri jalanan terjal dan medan berat untuk menuju puncak Gunung Sukmaelang di Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember.

"Rute yang dilalui para pecinta trail merupakan rute yang pernah dilalui para pejuang kemerdekaan saat melawan penjajah di Jember, sehingga kami juga menggunakan atribut pejuang untuk mengenang begitu besarnya jasa para pahlawan," tuturnya.

Belasan penggemar sepeda motor trail itu melaksanakan upacara dengan khidmat, meskipun mereka sangat lelah melintasi medan yang cukup terjal untuk menuju lokasi di puncak Gunung Sukmaelang itu.

Usai melaksanakan upacara bendera, para penggemar "adventure trail" melanjutkan dengan kegiatan membagikan paket sembako, perlengkapan sekolah, dan pakaian bekas layak pakai kepada warga yang kurang mampu di lereng Hyang Argopuro itu.

"Kami juga menggelar bakti sosial kepada warga yang kurang mampu dengan membagikan paket sembako dan pakaian kepada sebagian besar warga yang bekerja sebagai buruh kebun," ucap Agus yang berprofesi sebagai karyawan swasta itu.

Ia menjelaskan kegiatan upacara bendera dan bakti sosial yang dilakukan "Avatar Trail Adventure Jember" tersebut sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada para pejuang yang sudah berkorban jiwa raga untuk mencapai Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Di Hari Kemerdekaan ini kami juga ingin berbagi kepada warga yang kurang mampu dengan memberikan paket sembako, perlengkapan sekolah, dan pakaian. Hal itu bentuk kepedulian kami yang selama ini dianggap negatif oleh sebagian warga," katanya.(*) 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015