Surabaya (Antara Jatim) - Sebanyak 36 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ITS Surabaya lolos untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-28 di Universitas Halu Oleo, Kendari, pada Oktober 2015.
     
"Jumlah itu mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun lalu, tapi jumlah tim ITS masih terbanyak dibandingkan dengan perguruan tinggi lain," kata Menteri Inovasi dan Karya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITS Rizki Akbar Wiradhika di Surabaya, Jumat.
     
Tahun 2014, ITS meloloskan 58 tim, namun tahun ini hanya 36 tim. Ada tim lain yang jumlahnya sama dengan tim ITS (36 tim) yakni tim asal Universitas Diponegoro, Semarang.
     
"Sebelumnya, kami sempat kecewa dengan pengunduran jadwal Pimnas 28 yang semula dijadwalkan Agustus, namun kami bersyukur dengan pengumuman tim yang lolos itu akhirnya terlaksana pada Agustus ini juga," katanya.
     
Oleh karena itu, kata Rizki, Kementerian Inovasi dan Karya BEM ITS akan segera melakukan sosialisasi dan pemantapan bagi tim yang lolos dalam waktu dekat. Pemantapan yang dilakukan antara lain presentasi, poster, hingga artikel ilmiah.
     
"Waktu persiapan yang semakin panjang menuntut kami untuk bisa melakukan inovasi dalam persiapan. Namanya juga Inovasi dan Karya, inovasi pasti ada," tukas mahasiswa Jurusan Teknik Mesin ITS itu.
     
Bahkan, kata pemuda yang kerap disapa Kibar tersebut, segenap anggota dari Kementerian Inovasi dan Karya serta tim sukses Pimnas 28 akan mengadakan serangkaian acara penunjang seperti bakti sosial di panti asuhan.
     
"Supaya hubungan antartim lebih rekat dan mendapat keberkahan. Insya-Allah selama niatnya baik, Allah akan melancarkan jalan kita menuju juara umum Pimnas 28," kata mahasiswa angkatan 2011 itu, optimistis.
     
Optimisme serupa juga dikemukakan oleh Kepala Lembaga Pengembangan Pendidikan, Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni ITS, Dr Ir Bambang Sampurno MT.
     
"Tetap ada peluang ITS akan menjadi juara pada gelaran tahunan ini. ITS tetap optimistis, Insya Allah yang terbaik," tuturnya. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015