Paris (Antara/AFP) - Salah satu klub terkecil yang pernah bermain di kompetisi strata tertinggi Prancis akan mendapat ujian berat pada Minggu, ketika klub asal Korsika Gazalec Ajaccio menghadapi Paris Saint Germain di Parc des Princes.

PSG memulai misi mereka untuk meraih gelar Liga Prancis untuk keempat kalinya secara beruntun dengan kemenangan 1-0 di markas Lille pada akhir pekan silam, meski mereka bermain lebih dari satu jam dengan sepuluh pemain menyusul kartu merah yang diterima Adrien Rabiot.

Pasukan Laurent Blanc kini akan mengincar kemenangan ke-15 secara beruntun di kompetisi domestik ketika mereka menjamu tim promosi Gazelec di ibukota.

Gazelec, yang tampil di kompetisi strata tertinggi untuk pertama kalinya sepanjang sejarah mereka setelah memenangi promosi secara berturut-turut, memulai petualangan di Liga Prancis dengan bermain imbang 0-0 di markas sesama tim promosi Troyes akhir pekan silam.

Namun kali ini mereka dilemparkan ke jurang lebar saat melawan PSG pada apa yang, setidaknya di atas kertas, merupakan salah satu pertandingan paling tidak imbang di liga besar Eropa.

Ketika PSG yang disokong konsorsium Qatar memiliki bujet belanja sebesar 490 juta euro dan pada pekan lalu merekrut Angel di Maria dari Manchester United dengan nilai 63 juta euro, bujet Gazelec dilaporkan hanya sebesar 13,8 juta euro.

Jumlah itu bahkan masih lebih kecil dari gaji tahunan Zlatan Ibrahimovic.

Nama terbesar di tim itu kemungkinan adalah Djokovic, meski ia lahir di Kroasia, gelandang yang dibesarkan di Belanda Damjan Djokovic, bukan bintang tenis Novak.

Bagaimanapun, kapten PSG Thiago Silva menegaskan, "Ini akan menjadi pertandingan yang sulit karena kami tidak tahu banyak mengenai tim ini. Mereka berpeluang menimbulkan masalah-masalah bagi kami. Namun jika kami fokus seperti saat melawan Lille, semestinya kami baik-baik saja."

"Sulit bagi tim manapun untuk datang dan bermain melawan kami di Parc," tambah Silva, mengingatkan rekor PSG yang tidak pernah kalah di kandang di kancah liga sejak Mei tahun lalu.

Bagaimanapun, PSG kemungkinan masih akan membangku cadangkan Ibrahimovic karena masalah lutut sang pemain, sedangkan Di Maria belum siap melakukan debutnya, meski ia akan diperkenalkan kepada para penggemar tuan rumah.
   
Valbuena siap untuk Lyon
Posisi kedua musim lalu Lyon merespon pertandingan pembukaan 0-0 melawan Lorient yang membuat frustrasi dengan menambah kekuatan tim, dengan merekrut pengatur permainan Mathieu Valbuena dari Dynamo Moscow.

Mantan bintang Marseille bertubuh kecil itu menandatangani kontrak tiga tahun di Stade de Gerland setelah semusim berkiprah di Rusia, dan berpeluang melakukan debutnya untuk Lyon pada Sabtu di markas Guingamp.

"Ia mulai kembali bermain pada awal Juli untuk Dynamo Moscow. Ia telah memperlihatkan dalam latihan bahwa ia siap dan akan membawa kualitas tekniknya kepada tim," kata pelatih Lyon Hubert Fournier.

"Ia dapat dimainkan dan terdapat peluang ia akan bermain sejak awal."

Claudio Beauvue akan berharap dapat bermain untuk Lyon melawan klub yang ia tinggalkan pada musim panas dengan nilai transfer 4,5 juta euro setelah mencetak 27 gol di semua kompetisi musim lalu, namun terdapat keraguan tentang Alexandre Lacazette, yang harus ditarik keluar lapangan pada akhir pekan silam karena masalah pada punggungnya.

AS Monaco akan menjamu Lille pada Jumat, sebelum pergi ke Spanyol untuk memainkan pertandingan leg pertama playoff Liga Champions melawan Valencia pada Rabu depan, sedangkan Marseille akan bertekad untuk bangkit setelah secara mengejutkan ditinggalkan pelatih Marcelo Bielsa ketika mereka mengunjungi Reims pada Minggu.

Bielsa mengejutkan sepak bola Prancis dengan mengundurkan diri dari Marseille menyusul kekalahan 0-1 mereka dari Caen di Stade Velodrome, sehingga asistennya Frankc Passi kini mengarsiteki tim untuk pertandingan melawan Reims.

"Saya tidak berkata bahwa ini tidak serius, ini sangat disayangkan, namun OM adalah institusi besar dan telah berpengalaman dalam tipe situasi seperti ini," kata presiden klub Vincent Labrune pada Kamis.

Di tempat lain, Saint Etienne menjamu Bordeaux dan tim promosi Angers, pemuncak klasemen pada akhir pekan pembukaan, menjamu Nantes pada 'derby' lokal.
   
Jadwal pertandingan Liga Prancis (pertandingan dimulai pukul 18.00 GMT kecuali disebutkan berbeda)

Jumat
Monaco vs Lille (18.30 GMT)
 
Sabtu
Saint-Etienne vs Bordeaux (15.00 GMT), Rennes vs Montpellier, Troyes vs Nice, Caen vs Toulouse, Guingamp vs Lyon, Angers vs Nantes
 
Minggu
Reims vs Marseille (12.00 GMT), Lorient vs SC Bastia (15.00GMT), Paris Saint-Germain vs Gazelec Ajaccio (19.00 GMT).(*)

Pewarta: Supervisor

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015