Madiun (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun, Jawa Timur, terus mendorong para petani di wilayahnya untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah guna meningkatkan nilai perekonomian dan kesejahteraan keluarga.

Salah satu upaya untuk mendorong pemanfaatan lahan pekarangan tersebut adalah dengan menggelar Gebyar Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) tahun 2015 di halaman Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Madiun, Kelurahan Bangunsari, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun.

"Gebyar Gapoktan ini diharapkan menjadi inspirasi semua petani dan peternak untuk berinovasi memanfaatkan pekarangannya. Sekaligus lebih giat berinovasi dan membuat terobosan," ujar Bupati Madiun Muhtarom, saat mengunjungi acara tersebut, Rabu.

Data Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Madiun mencatat, luas lahan pekarangan yang ada di wilayah setempat mencapai 19.691 hektare. Dari jumlah tersebut, sebanyak 19.000 hektare di antaranya belum dapat dioptimalkan dengan baik. 

Seharusnya, ribuan hektare pekarangan tersebut dapat dimanfaatkan untuk bercocok tanam sayuran dan memelihara ikan air tawar. Selain dapat meningkatkan nilai ekonomi, pemanfaatan pekarangan tersebut juga akan mendukung keanekaragaman pangan dalam keluarga.(*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015