Sumenep (Antara Jatim) - Dua pasangan calon peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumenep 2015 dijadwalkan menjalani pemeriksaan kesehatan di RSU Dr Soetomo Surabaya selama dua hari, yakni Rabu ini dan Kamis (30/7).

"Kami telah memberikan surat pengantar kepada mereka yang ditujukan kepada tim dokter RSU Dr Soetomo dalam rangka pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani," kata komisioner KPU Sumenep, Abd Hadi di Sumenep, Jawa Timur, Rabu.

Dua pasangan calon peserta Pilkada Sumenep yang diusung oleh dua gabungan partai politik (parpol) itu adalah A Busyro Karim-A Fauzi dan Zainal Abidin-Dewi Khalifah.

Hadi menjelaskan, proses dan teknis pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani akan menjadi kewenangan tim dokter RSU Dr Soetomo.

"Nantinya, kami hanya akan menerima hasil dan kesimpulan dari pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani tersebut," ujarnya.

Ia juga mengemukakan, penunjukan RSU Dr Soetomo sebagai lokasi pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani bagi calon peserta pilkada merupakan rekomendasi dari pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumenep.

Masa jabatan A Busyro Karim-Soengkono Sidik sebagai Bupati-Wakil Bupati Sumenep periode 2010-2015 yang merupakan hasil pilkada langsung setempat pada 2010, akan berakhir pada Oktober 2015. 

Sesuai Peraturan KPU RI Nomor 2 Tahun 2015, pilkada serentak pada tahun ini termasuk Pilkada Sumenep akan digelar pada 9 Desember.

Sementara masa pendaftaran kandidat pilkada oleh parpol dan atau gabungan parpol ke KPU di daerah pada 26-28 Juli 2015.

Hingga batas akhir masa pendaftaran, terdapat dua pasangan calon yang terdaftar di KPU Sumenep, yakni A Busyro Karim-A Fauzi dan Zainal Abidin-Dewi Khalifah.

A Busyro Karim-A Fauzi didaftarkan sebagai calon bupati-calon wakil bupati oleh gabungan dua parpol di Sumenep, yakni Partai Kebangkitan Bangsa dan PDI Perjuangan.

Sementara Zainal Abidin-Dewi Khalifah diusung oleh gabungan delapan parpol, yakni Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Hanura, dan Partai Bulan Bintang.

A Busyro Karim adalah Bupati Sumenep periode 2010-2015 yang juga ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) setempat dan A Fauzi adalah pengusaha kelahiran Sumenep.

Sementara Zainal Abidin adalah mantan birokrat kelahiran Sumenep dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur dan Dewi Khalifah adalah politisi perempuan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015