Jember (Antara Jatim) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember, Jawa Timur, mencatat aktivitas vulkanis Gunung Raung yang memiliki ketinggian 3.332 meter dari permukaan laut masih tinggi selama beberapa hari terakhir.

"Berdasarkan laporan yang kami terima dari petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung di Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, menyebutkan aktivitas tremornya masih tinggi dan letusan masih terjadi," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember, Heru Widagdo, Selasa.

Laporan aktivitas Gunung Raung pada Selasa pukul 00.00-06.00 WIB tercatat secara visual angin tenang, suhu udara 18 dearajat celcius, asap kelabu tipis tekanan lemah dengan ketinggian 600 meter condong ke arah barat laut, data seismik tercatat tremor menerus dengan amplitudo dominan 29 milimeter.

Pada Selasa pukul 06.00-12.00 WIB tercatat cuaca terang, angin tenang, suhu udara 26 derajat celcius, asap kelabu sedang, tekanan lemah, dengan ketinggian 400 meter condong ke arah barat laut, sedangkan data seismik tercatat tremor menerus dengan amplitudo dominan 29 milimeter, sehingga kesimpulan statusnya masih Siaga. 

"Tremor vulkanik menerus, sehingga masih terjadi letusan yang menerus dan statusnya masih tetap siaga," tuturnya.

Menurutnya, hujan abu vulkanis masih mengarah ke barat laut atau Jember dan sekitarnya, sehingga pembagian masker terus dilakukan kepada warga yang terdampak abu vulkanis dari erupsi gunung yang berada di perbatasan Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi tersebut.

"Arah anginnya ke Jember, sehingga masyarakat diminta tetap waspada terhadap abu vulkanis yang dapat membahayakan kesehatan," paparnya.(*)  

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015