Blitar (Antara Jatim) - Pasangan calon yang maju dari jalur perseorangan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar, Jawa Timur, bersaing dengan calon yang juga petahana di kota tersebut.

Ketua KPU Kota Blitar Setyo Budiono, Senin mengatakan pasangan yang mendaftar dari jalur perseorangan itu adalah Muhsin dengan pasangannya Dwi Sumardiyanto. Pasangan itu merupakan pasangan kedua yang mendaftar setelah sebelumnya petahana Kota Blitar, yaitu Samanhudi Anwar dan Santoso.

"Saat ini sudah ada dua pasangan yang sudah mendaftarkan diri," katanya.

Ia mengatakan, KPU tetap akan memproses berkas dukungan dari calon perseorangan tersebut. Nantinya, berkas itu akan didata, dan jika sudah lolos verifikasi nantinya pasangan itu bisa ikut pilkada, 9 Desember 2015.

Pasangan calon perseorangan Muhsin dengan Dwi Sumardiyanto berangkat dari rumah dengan diantar para pendukungnya. Mereka mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk dari pemandu lagu di Kota Blitar.

Pasangan ini juga langsung naik delman saat akan mendaftar ke KPU Kota Blitar, dengan para pendukungnya. Delman sengaja digunakan sebagai bentuk dukungan mereka untuk memedulikan masyarakat kecil.  

Saat tiba di kantor KPU Kota Blitar, mereka juga diterima jajaran komisioner kota tersebut. Pasangan itu juga membawa berbagai berkas dukungan mereka serta berbagai macam formulir sebagai persyaratan pendaftaran.

Pasangan ini mengklaim mempunyai dukungan sebanyak 17 ribu yang terdiri dari salinan kartu tanda penduduk yang dilengkapi dengan tanda tangan dari pemilik kartu tersebut. Data itu juga sudah dimasukkan ke kantor KPU Kota Blitar.

Calon Wali Kota Blitar dari jalur perseorangan Muhsin mengaku optimistis bisa menghadapi petahana yang sudah mendaftarkan diri ke kantor KPU. Ia yakin dukungan yang didapatkannya merupakan bukti jika pasangan ini benar didukung masyarakat.

Muhsin mengatakan nantinya mempunyai banyak program untuk kemajuan Kota Blitar, dengan berbagai program. Ia berharap, dengan bekal ini, ke depan Kota Blitar menjadi lebih baik.

"Kami optimistis bisa bertarung dengan petahana," ujarnya.

Sesuai dengan tahapan, saat ini memang sudah mulai pendaftaran untuk calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota Blitar. Sesuai dengan jadwal, untuk pendaftaran partai berlangsung pada 26 sampai 28 juli 2015.

Sebelumnya, petahana Samanhudi Anwar juga sudah daftar dengan pasangannya Santoso untuk maju dalam pilkada 2015-2020. Dalam pilkada sebelumnya, Samanhudi bergandengan dengan Purnawan Buchori. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015