Trenggalek (Antara Jatim) - Ratusan pemudik dari berbagai pelosok daerah di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, memanfaatkan layanan bus balik gratis yang disediakan pemerintah daerah setempat untuk kembali ke tempat kerja/perantauan mereka di Surabaya dan sekitarnya, Rabu.
    
Antara di Trenggalek melaporkan, pemberangkatan lima armada bus balik gratis dengan tujuan Surabaya dilakukan oleh perwakilan dinas perhubungan komunikasi dan informatika (dishubkominfo) setempat di Stadion Menak Sopal yang berada di Jalan Raya Soekarno Hatta, Trenggalek, pukul 08.00 WIB.
    
"Layanan bus balik gratis dengan tujuan Surabaya kami sediakan dalam dua gelombang. Hari ini diberangkatkan lima armada (bus), besok lima armada. Jadi total ada 10 armada disediakan atas bantuan Pemprov Jatim dan Pemkab trenggalek," kata Kepala Bidang Angkutan Dishubkominfo Trenggalek, Ramelan dikonfirmasi usai pemberangkatan bus balik gratis.
    
Ia menjelaskan, pemesanan tiket layanan bus balik gratis telah dilakukan sejak H-5 Lebaran. Hasilnya, dari total 590 bangku/kursi yang disediakan untuk pemudik kembali ke Surabaya, semuanya telah habis terpesan.
    
Sejumlah pemudik lain yang mencoba peruntungan mengikuti program balik gratis bahkan tidak terlayani karena jatah kursi telah habis sejak sebelum Lebaran.
    
"Antusiasme masyarakat terhadap program balik gratis ini memang sangat tinggi. Namun tentu tidak semuanya bisa kami layani karena persediaan armada terbatas," kata Ramelan.
    
Ia berjanji, tingginya animo pemudik memanfaatkan layanan bus balik gratis tahun ini akan menjadi bahan evaluasi bagi pelaksanaan program yang sama tahun depan.
    
"Semoga tahun depan jumlah armada dan kota tujuannya bisa ditambah, tidak hanya Surabaya tapi juga beberapa kota besar lain termasuk Jakarta," ujarnya.
    
Seorang pemudik yang mengikuti program balik gratis mengaku senang mendapat jatah kursi untuk kembali ke Surabaya.
    
Menurutnya, program layanan tersebut membantu masyarakat dalam menghemat anggaran sekaligus meminimalkan resiko kecelakaan saat mudik ataupuk balik Lebaran.
    
"Terpenting kami bisa kembali ke Surabaya tanpa repot berdesak-desakan apalagi kena calo tiket angkutan," ujar Yudho, pemudik peserta angkutan balik gratis tersebut.(*)

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015