Surabaya (Antara Jatim) - Gubernur Jawa Timur Soekarwo meminta penambahan bus untuk musim gratis tahun depan setelah melihat tingginya peminat dan banyaknya masyarakat yang mengikuti program dari pemerintah provinsi tersebut.

"Mudik bus gratis ini sangat membantu dan terbukti peminatnya yang sangat tinggi," ujarnya kepada wartawan saat memberangkatkan pemudik gratis menggunakan bus di halaman Kantor Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan Jawa Timur di Surabaya, Selasa.

Menurut dia, tingginya peminat pemudik tidak lepas dari masyarakat Jatim yang mencari nafkah di kota bisa pulang kampung bersama anak dan istrinya tanpa memikirkan ongkos.

Pakde Karwo, sapaan akrabnya, juga mengajak kabupaten/kota untuk bekerja sama dalam menyediakan angkutan mudik gratis yang dikoordinir Dishub dan LLAJ Provinsi Jatim.

Ia menjelaskan, setiap tahun peminat mudik gratis menggunakan bus bertambah, yakni pada 2014 jumlahnya mencapai 640 armada bus, kemudian tahun ini menjadi 685 armada bus dengan tujuan 18 kabupaten di Jatim.

"Dari 685 bus ini, sebanyak 471 armada berasal dari bantuan Pemprov Jatim dan beberapa kabupaten/kota, antara lain Sidoarjo, Trenggalek, Tulungagung, Jember,  Banyuwangi, Bojonegoro, Tuban, Madiun, Ponorogo dan Pacitan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dishub dan LLAJ Provinsi Jatim Wahid Wahyudi mengatakan pada 2015 ini Pemprov Jatim mengkoordinir angkutan mudik gratis yang terbagi menjadi tiga moda, dengan penumpang sebanyak 165.443 orang.

"Selain bus, kami juga menyiapkan kapal laut dari tiga daerah ke kepulauan, dan kereta api yang terdiri dari 14 perjalanan," katanya.

Sedangkan, lanjut dia, untuk armada bus mudik gratis sebanyak 685 armada, bantuan Pemprov Jatim dan beberapa kabupaten/kota sebanyak 471 armada dengan jumlah penumpang sebanyak 68.443 penumpang.

Khusus untuk  armada bus yang diberangkatkan dari Dishub dan LLAJ Provinsi Jatim, sebanyak 159 armada yang terbagi menjadi dua gelombang, yaitu gelombang pertama diberangkatkan kemarin sebanyak 79 armada dengan jumlah penumpang sebanyak 4.345 orang dengan tujuan ke 18 kabupaten.

"Gelombang kedua diberangkan Rabu (15/7) dengan jumlah sebanyak 80 bus dengan 4.400 penumpang," ucapnya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015