Sidoarjo (Antara Jatim) - Petugas Terminal Purabaya Surabaya, Jawa Timur, memasang tarif normal angkutan bus di kaca bus untuk mengantisipasi awak bus nakal saat pelaksanaan mudik Lebaran tahun 2015.

Kepala Terminal Purabaya Surabaya, May Ronald, Sabtu, mengatakan, pemasangan tarif bus tersebut untuk memudahkan para calon penumpang yang akan membayar ongkos bus sesuai dengan tujuannya masing-masing.

"Dengan adanya pemasangan tarif bus ini akan meminimalisir tindak kecurangan oknum awak bus yang menaikkan tarif bus dengan memafaatkan peristiwa Lebaran seperti yang terjadi sekarang ini," katanya.

Ia mengemukakan, pihaknya memasang tarif bus ini di seluruh bus ekonomi yang ada masuk ke Terminal Purabaya Surabaya di Bungurasih, Sidoarjo.

"Penempelan tarif ini juga tentunya agar para pengguna bus tahu berapa uang yang harus mereka bayar. Sehingga apabila terjadi ketidak sesuaian tarif, penumpang dapat melaporkan langsung pada terminal tujuan mereka," katanya.

Ia mengatakan bahwa dirinya tidak akan segan-segan menindak apabila mereka mendapati laporan dari penumpang terkait ketidak sesuaian tarif.

"Tujuan kami menempelkan daftar tarif ini semata-mata untuk memberikan kenyamanan para penumpang. Apabila dikenakan tarif yang tidak sesuai dengan daftar ini, kami harap para penumpang melaporkannya kepada petugas terminal terdekat," katanya.

Ia mengatakan, akan bekerja sama dengan Dinas perhubungan dan Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) terkait pemberian sanksi bagi awak bus yang nakal dan merugikan para pemudik.

"Intinya kami ingin pelaksanaan mudik lebaran yang ada di Kabupaten Sidoarjo ini bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala yang cukup berarti," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015