Banyuwangi (Antara Jatim) - Sejumlah kecamatan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, diguyur hujan abu vulkanik Gunung Raung yang memiliki ketinggian 3.332 meter dari permukaan laut.

"Hujan abu vulkanik terjadi di Kecamatan Songgon, Sempu, Kalibaru, Rogojampi, Licin, Kalipuro, Wongsorejo, Glenmore, namun beberapa kecamatan lain termasuk kota juga sudah melaporkan adanya abu vulkanik," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Kusiyadi, di Banyuwangi, Jumat.

Menurut dia, hujan abu yang terparah berada di sekitar Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Gunung Raung di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon.

"Bahkan di sekitar Pos Pengamatan sudah diguyur hujan pasir hitam halus karena berdasarkan laporan petugas menyebutkan arah angin ke arah tenggara, timur dan selatan," tuturnya.

Ia menjelaskan BPBD Banyuwangi menyiagakan empat posko untuk mengantisipasi erupsi Gunung Raung yakni di Kecamatan Songgon, Sempu, Glenmore, dan Kalibaru seiring dengan status siaga.

"Ribuan masker sudah didistribusikan di empat posko itu, kemudian disebar di beberapa wilayah yang terdampak abu vulkanik Gunung Raung," katanya.

Ia mengimbau masyarakat menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah karena hujan abu dapat mengganggu pernapasan dan pihaknya akan mendistribusikan kembali, apabila persediaan masker di posko empat kecamatan tersebut sudah habis.

"Pihak BPBD sudah meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi-Bondowoso-Jember itu sejak status siaga," ujarnya. (*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015