Pamekasan (Antara Jatim) - Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pemkab Pamekasan, Pulau Madura, Jawa, Timur, Moh Zakir menyatakan semua angkutan umum di wilayah setempat layak operasi dan memenuhi standar ketentuan laik angkutan umum.

"Ini berdasarkan hasil pemeriksaan dan uji laik angkutan umum yang kami lakukan bersama Satuan Lalu Lintas Polres Pamekasan," kata Moh Zakir kepada Antara per telepon, Rabu petang.

Kepala Dishubkominfo Pamekasan mengemukakan hal ini, mengelaskan hasil uji laik angkutan umum yang dilakukan institusi itu bersama Satuan Lalu Lintas Polres di terminal Ronggosukowati, Pamekasan, Rabu pagi.

Dari semua jenis angkutan umum, khususnya bus, baik bus angkutan kota dalam provinsi (AKDP) maupun bus angkutan kota antaraprovinsi (AKAP), semuanya memenuhi standar kelayakan.

Ia menjelaskan, pemeriksaan laik angkutan umum ini dilakukan sebagai bentuk persiapan dalam pelayanan angkutan mudik dan balik Lebaran 1436 Hijriah kali ini.

Pemeriksaan meliputi kelayakan kendaraan, termasuk kondisi, ban, rem dan kemudi dari semua jenis kendaraan yang beroperasi di Kabupaten Pamekasan.

Menurut Zakir, jumlah armada bus yang siap beroperasi kali ini sebanyak 170 armada bus setiap harinya.

"Jumlah ini, terdiri dari bus yang berangkat dan datang ke Pamekasan. Baik bus jurusan Pamekasan-Jakarta, Pamekasan-Probolinggo, Pamekasan-Malang dan Pamekasan-Yogyakarta dan Banyuangi," katanya menjelaskan.

Selain pemeriksaan laik operasi, Dishubkominfo Pamekasan juga menyediakan pemeriksaan kesehatan gratis kepada sopir dan pemudik Lebaran dengan membuat pos khusus layanan kesehatan mulai H-7 hingga H+7 Lebaran.

Kasat Lantas Polres Pamekasan AKP Rizky Tri Putra Erryka Adi Wijaya juga ikut melakukan pengawasan langsung dalam pemeriksaan laik operasi angkutan mudik Lebaran itu. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : FAROCHA


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015