Jember, 8/7 (Antara) - Ratusan kader dari Pengurus Anak Cabang (PAC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu, berdemonstrasi mendukung kader partai menjadi calon Bupati Jember di halaman Kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP setempat.

"Kami secara tegas menolak calon bupati dari luar kader karena selama ini kader partai hanya menjadi orang nomor dua di Jember," kata koordinator aksi yang juga Ketua PAC PDIP Kecamatan Tempurejo, Sukarman, di Kantor DPC PDIP Jember.

Ia meminta pengurus DPC PDIP Jember berjuang keras untuk menindaklanjuti aspirasi kader PDIP yang tergabung dalam Forum Silaturahmi PAC se-Jember, agar calon bupati yang direkomendasi DPP berasal dari kader partai.

"Selama ini PDIP hanya dijadikan kendaraan politik saja bagi para kandidat, namun loyalitas kandidat kepada partai masih belum optimal dan aspirasi konstituen banteng moncong putih sering terabaikan," tuturnya.

Dalam unjuk rasa tersebut juga dibacakan pernyataan sikap yang berisi memberikan dukungan penuh dan mendesak DPP PDIP untuk memberikan rekomendasi kepada kader terbaik calon kepala daerah Jember yakni Kusen Andalas yang kini menjabat sebagai Wakil Bupati Jember.

"Kami minta pengurus DPC menyampaikan aspirasi kami kepada DPP, agar DPP tidak asal merekomendasikan calon bupati tanpa mempertimbangkan aspirasi di bawah," tegasnya.

Para kader PDIP, lanjut dia, khawatir kalau DPP merekomendasikan calon bupati bukan dari kader partai, sedangkan kader partai didukung oleh partai lain maka dukungan suara PDIP akan pecah.

Sementara Ketua DPC PDIP Jember Tabroni menemui para pengunjuk rasa di halaman Kantor DPC setempat dan berjanji akan menindaklanjuti aspirasi tersebut.

"Saya akan menyampaikan tuntutan para kader PDIP kepada DPW dan DPP PDIP, namun kewenangan untuk memberikan rekomendasi calon bupati berada di tangan DPP," kata Tabroni yang baru saja mengikuti sekolah calon kepala daerah DPP PDIP.

Ia meminta kepada seluruh kader PDIP untuk tetap mendukung siapa saja yang nantinya direkomendasikan oleh DPP karena dalam waktu dekat akan digelar rapat kerja cabang khusus (rakercabsus) untuk menyampaikan hasil rekomendasi DPP PDIP tentang calon Bupati Jember 2015-2020 yang diusung secara resmi oleh partai.(*)
     
     

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015