Pasuruan (Antara Jatim) - Pertamina Gas (Pertagas) membagikan 1.000 paket sembako yang berisi beras, minyak goreng, telur, gula, serta mi menjelang lebaran kepada masyarakat sekitar yang terdampak pemasangan saluran pipa pertagas.

"Pembagian paket sembako ini bertujuan untuk membantu meringankan warga kurang mampu dalam merayakan Lebaran yang dibagikan kepada warga Desa Warungdowo dan Desa Pelinggisan, Kecamatan Pohjentrek, kemudian di Kecamatan Lekok dan Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan," kata Direktur bisnis dan pengembangan usaha, Ahmad Kudus, Senin.

Ia mengatakan dalam pembagian paket sembako seharga Rp100 ribu itu merupakan kepedulian pihaknya terhadap masyarakat sekitar, sehingga kelak pertagas akan mendukung program pemerintah untuk mewujudkan pipa terintegrasi di Jawa Timur khususnya, dan Pulau Jawa pada umumnya.

"Kami juga memohon restu agar investasi pipa pertagas sepanjang 56 kilometer itu diharapkan didukung oleh masyarakat sekitar karena investasi tersebut merupakan aset negara yang memiliki ruas pipa Porong-Grati, sehingga ke depan dapat memberikan peluang bagi industri-industri sepanjang jalur pipa tersebut,untuk menggunakan gas dan memperluas kesempatan masyarakat mendapatkan akses gas," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, proyek pertagas pada tahap awal akan disalurkan 25 juta kaki kubik ke PLTGU Indonesia Power (IP) di Grati. Pasokan kuota ini akan mencapai puncaknya hingga 75 juta kaki kubik per hari, sedangkan sisa pasokannya sebesar 55 juta kaki kubik akan disalurkan untuk memenuhi kebutuhan industri disepanjang jalur pipa dan untuk kebutuhan gas kota.

"Proyek yang dibagi dalam tiga segmen ini diharapkan selesai dan beroperasi pada kuartal III/2015. Saat ini pipa transmisi yang ditangani konsorsium pelaksana konstruksi tengah mengerjakan jaringan pipa dari Kecamatan Pohjentrek hingga Kecamatan Beji, sedangkan dua segmen lain termasuk penggunaan lahan dikawasan Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Marinir Grati, sedang dalam proses negosiasi," paparnya. (*)

Pewarta: Laily Widya Arisandhi

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015