Lumajang (Antara Jatim) - Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menyediakan sebanyak 180 kursi bus untuk perjalanan mudik gratis menuju Malang dan Surabaya pada momentum Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah.

"Kami menyiapkan tiga bus untuk angkutan mudik Lebaran yang mampu menampung 180 penumpang untuk mudik gratis tahun ini," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lumajang, Rochani, Sabtu, di Lumajang.

Tiga bus yang disediakan Dishub Lumajang yang bekerja sama dengan Dinas Provinsi Jawa Timur dalam program mudik gratis terdiri dari dua bus dari Lumajang menuju Surabaya dan satu bus menuju Malang.

"Saya belum mengecek apakah kuota 180 kursi itu sudah terpenuhi atau belum karena pendaftaran mudik gratis sudah dilakukan sejak 16 Juni 2015," tuturnya.

Apabila sudah terdata sebanyak 180 pemudik, lanjut dia, pihak Dishub Lumajang akan menutup pendaftaran mudik gratis dan seluruh pemudik akan diberangkatkan pada 25 Juli 2015.

"Bagi pemudik yang ingin memanfaatkan program mudik gratis dapat mendaftar di Kantor Dishub Lumajang atau di Terminal Minak Koncar melalui petugas Dishub hanya dengan menyerahkan kartu tanda penduduk (KTP)," katanya.

Rochani mengatakan program mudik gratis tersebut merupakan agenda rutin setiap tahun pada Hari Raya Idul Fitri dengan tujuan meringankan beban masyarakat kurang mampu yang terkendala biaya mudik.

"Program mudik gratis juga bertujuan untuk menekan angka kecelakaan, khususnya bagi pemudik yang biasa mengendarai sepeda motor untuk pulang ke kampung halamannya," paparnya.

Ia mengimbau para pemudik yang biasanya menggunakan kendaraan roda dua untuk mudik bisa beralih menggunakan bus yang disediakan Dishub Lumajang dengan tujuan Surabaya dan Malang.

Ratusan pemudik gratis itu rencananya dikumpulkan di Kantor Dishub Lumajang atau Terminal Minak Koncar untuk diberangkatkan menuju tujuan mudik di Surabaya atau Malang.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015