Jember (Antara Jatim) - Kepolisian Resor Jember, Jawa Timur, menyampaikan pesan keamanan dan ketertiban masyarakat lewat program "Pos Khidmat" (Polisi Ceramah Kamtibmas Selesai Sholat Jumat) di Masjid Baitul Amien di Kecamatan Kaliwates, Jumat.

"Dalam beberapa bulan ini tingkat kejahatan di wilayah Jember menurun sekitar 40 persen," kata Kapolres Jember AKBP Sabilul Alif di Jember.

Menurutnya, penurunan angka kriminalitas itu juga atas dukungan masyarakat yang ikut serta membantu Polri dalam penegakan hukum, sehingga diharapkan situasi Jember tetap kondusif hingga Lebaran nanti.

"Program Pos Khidmat terus disosialisasikan di beberapa masjid yang ada di wilayah Jember dan kegiatan itu dilaksanakan dari masjid ke masjid pada setiap hari Jum'at," tuturnya.

Pos Khidmat, lanjut dia, juga merupakan salah satu program Polres Jember untuk mencegah tindakan kriminalitas yang biasanya tindak kejahatan selalu meningkat menjelang Lebaran.

Kapolres juga berpesan kepada masyarakat yang akan meninggalkan rumah untuk mudik ke kampung halamannya, agar memperhatikan segala keamanan rumahnya guna mencegah kejadian yang tidak diinginkan. 

"Polisi juga akan melakukan patroli secara rutin di sejumlah perumahan yang ditinggal mudik oleh penghuninya, sehingga diharapkan pemudik bisa tenang pulang ke kampung halamannya," paparnya.

Sabilul menjelaskan Polres Jember bersama tokoh agama dan forum pimpinan daerah memusnahkan beberapa barang bukti yang di amankan dalam beberapa kasus kejahatan yang sudah di ungkap,, agar menghindari penyalahgunaan barang bukti.

Pada akhir sambutannya, Kapolres Jember menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh warga yang mengikuti shalat Jum’at atas dukungannya dalam membantu kerja Polri selama ini.

"Tanpa dukungan masyarakat kerja Polri tidak akan pernah maksimal," ucap mantan Kapolres Bondowoso itu(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015