Ngawi (Antara Jatim) - Order bingkisan Lebaran (parsel) di sejumlah toko di Kabupaten Ngawi, Jawa timur, meningkat signifikan menjelang hari Lebaran tahun 2015 yang kurang dua pekan lagi.
     
"Setiap tahun menjelang Lebaran selalu terjadi peningkatan. Karena sudah terbiasa, sehingga tidak ada kesulitan dalam membuat parsel," ujar pemilik usaha parsel "Minnie" di Jalan Jaksa Agung Suparpto, Kota Ngawi, Junie Rahayu, kepada wartawan, Jumat.
     
Menurut dia, ia dan karyawannya bisa menjual 12 hingga 15 parsel setiap harinya. Bentuk parselnya bermacam-macam, tergantung dari selera pemesan.
     
"Bentuk parsel yang paling banyak disukai adalah parsel berbentuk kubah masjid dan kipas. Isi parsel juga tergantung pesanan, ada yang berisi makanan ringan, piring dan gelas keramik, hingga barang kebutuhan pokok," katanya.
     
Harga parsel yang ditawarkan juga bervariasi, tergatung dari besar dan kecilnya parsel. Ada paket hemat seharga puluhan ribu Rupiah, dan ada juga paket termahal seharga Rp600 ribu hingga Rp750 ribu per parsel.
     
Meski harganya sangat terjangkau, Junie mengaku sangat memperhatikan mutu parselnya. Pihaknya ingin walaupun murah, namun parselnya berkualitas. Hal itu dilakukan dengan memperhatikan tanggal kedaluwarsa parselnya dan cara dia mempercantik parselnya.
     
"Pelanggan saat ini sudah pintar, mereka pasti langsung cek tanggal kedaluwarsa produk makanan parsel saya. Untuk itu, saya selalu memakai produk makanan yang masa berlakunya di atas satu tahun," katanya.
     
Selain itu, pihaknya mengaku juga lebih kreatif lagi dalam menghiasi parselnya. Junie dan beberapa karyawannya tidak mau ketinggalan dengan parsel buatan toko swalayan. 
     
Untuk mempercantik parselnya, ia menggunakan hiasan pita dan kertas berwarna-warni. Sedangkan untuk keranjang parselnya ia memesan langsung dari Jepara, Jawa Tengah. 
     
"Belajar dari tahun sebelumnya, pemasaran parsel lebih fokus untuk kalangan pekerja swasta. Sehingga, tidak terganggu dengan rencana pemerintah yang melatang PNS menerima parsel," katanya.
     
Ia memprediksi pesanan parsel masih akan terus bertambah hingga sepekan sebelum Lebaran tiba. Hal itu bersaman dengan pemberian THR para karyawan.  (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015