Bangkalan (Antara Jatim) - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pemkab Bangkalan, Madura, Jawa Timur, mempersiapkan sebanyak 476 armada angkutan Lebaran, pada musim mudik Lebaran kali ini.

"Ke-476 armada angkutan lebaran ini, terdiri dari empat ketegori," kata Kepala Dishubkominfo Pemkab Bangkalan Abd Hamid, seusai rapat koordinasi dengan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) di aula Diponegoro, Pemkab Bangkalan, Kamis.

Untuk angkutan perdesaan, jumlah armada yang dipersiapkan sebanyak 166 unit, Bus antarkota antarprovinsi sebanyak 34 unit dan bus antarkota dalam provinsi sebanyak 124 unit, serta mobil penumpang umum (MPU) antarkabupaten di Pulau Madura sebanyak 152 unit.

Dalam Rakor yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Eddy Mulyono, juga mengevaluasi pelaksanaan angkutan Lebaran tahun 2014, sebagai acuan pelaksanaan kali ini, agar lebih baik.

Sehingga kekurangan dan kesalahan penanganan bisa di perbaiki dan di perbaharui. "Dengan perencanaan yang matang, kita berharap pemudik bisa merasa aman dan nyaman selama pulang ke kampung halamannya," ungkapnya.

Dijelaskan, ada tiga prioritas yang harus diperhatikan dalam menyiapkan angkutan Lebaran, selain angkutan, juga perlunya memberikan pelayanan dalam rangka menciptkan keselamatan dan kenyamanan pemudik.

"Dan yang terpenting selain armada, perbaikan jalan rusak juga harus diperhatikan terutama di Jalur Pantura," pintanya.

Selain itu, Sekda juga menjelaskan, bahwa rencana operasi angkutan Lebaran adalah tanggung jawab seluruh instansi pemerintah sesuai dengan bidangnya masing-masing. 

Untuk ia meminta agar dilakukan kordinasi secara bersama-sama, supaya bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015