Sumenep (Antara Jatim) - Jumlah pengiriman paket barang yang memanfaatkan jasa Kantor Pos Sumenep, Jawa Timur, pada pekan pertama dan kedua Ramadhan tahun ini meningkat dibanding periode sama pada Ramadhan 2014.

"Sejak awal Ramadhan hingga Rabu (1/7) tercatat ada pengiriman paket sebanyak 446 item. Sementara periode yang sama pada Ramadhan 2014 tercatat 376 item," kata Kepala Kantor Pos Sumenep, Suhartono Anton Sujarwo di Sumenep, Kamis.

Ia menjelaskan, barang yang dikirim warga Sumenep ke luar daerah itu rata-rata berupa camilan atau makanan ringan khas Sumenep.

"Itu sebagaimana pengakuan para pengirim paket ketika ditanya oleh petugas kami," ujarnya, menambahkan.

Peningkatan jumlah transaksi juga terjadi pada penerimaan paket atau paket kiriman dari luar daerah bagi warga Sumenep.

"Dua pekan pertama pada Ramadhan 2014 tercatat paket terima sebanyak 457 item. Sementara pada Ramadhan tahun ini tercatat 544 item," ucapnya.

Namun, kata dia, untuk transaksi kiriman uang dari luar negeri bagi warga Sumenep pada Ramadhan tahun ini mengalami penurunan.

"Pada pekan pertama Ramadhan 2014 tercatat 447 transaksi dengan nilai kiriman uangnya sebesar Rp1,82 miliar dan pekan keduanya sebanyak 722 transaksi sebesar Rp2,85 miliar," kata Anton, menerangkan.

Sementara Ramadhan tahun ini, pada pekan pertama tercatat 318 transaksi dengan nilai uang sebesar Rp1,43 miliar dan pekan kedua sebanyak 520 transaksi sebesar Rp2,72 miliar.

Ia juga mengemukakan, jumlah transaksi pengiriman dan penerimaan paket maupun pengiriman uang dari luar negeri bagi warga Sumenep selama Ramadhan, pasti meningkat dibanding hari-hari biasa (di luar Ramadhan).

"Peningkatan jumlah transaksinya biasanya pada kisaran 20 persen hingga 25 persen dalam hitungan sebulan. Itu sesuai pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya," ujarnya, menambahkan. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015