Pamekasan (Antara Jatim) - Kapolres Pamekasan, Pulau Madura, Jawa Timur AKBP Sugeng Muntaha, mengajak kepada semua jajarannya agar menjadikan momentum HUT Ke-69 Bhayangkara kali ini, sebagai momentum untuk berbenah diri, serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Polisi ini sebagai pengayom dan pelindung masyarakat, maka bentuk pengabdiannya harus semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," kata Sugeng Muntaha di Pamekasan, Rabu.

Kapolres menjelaskan, selama ini, upaya memperbaiki kinerja telah dilakukan oleh masing-masing satuan di Mapolres Pamekasan. Baik oleh satuan lalu lintas, reskrim dan Samapta.

Upaya tersebut, kata dia, dengan berupaya mendekatkan hubungan antara polisi dengan masyarakat, dan memposisikan sebagai mitra. Program menonjol yang telah dilakukan, antara lain, membangun kemitraan dengan berbagai lembaga pendidikan, melakukan pembinaan bersama dengan pihak sekolah guna menekan pelanggaran lalu lintas di kalangan pelajar.

"Misalnya dengan menjadi inspektur upacara di masing-masing sekolah secara bergantian, guna memberikan penyuluhan akan pentingnya tertib lalu lintas di kalangan pelajar," terang kapolres.

Di bidang reskrim, upaya perbaikan yang telah dilakukan dengan mencanangkan program "respon cepat/quick respon" serta layanan pengaduan bagi masyarakat yang merasa dirugikan oleh ulah oknum polisi.

"Tapi tentunya, program-program ini belum sempurnya dan masih perlu terus dilakukan perbaikan. Makanya, pada HUT Ke-69 Bhayangkara ini, kami mengajak dan berkomitmen agar semua bentuk pelayanan yang baik terus ditingkatkan," katanya.

Sementara, bertepatan dengan Hari Bhayangkara Ke-69 itu, Polres Pamekasan juga melakukan mutasi jabatan lima orang perwira.

Kelima orang perwira masing-masing Kabag Sumda Kompol Giyanto, Kabagren Kompol Rony Purwahyudi., Kasat Lantas AKP AH Hudi Arif, Kasatreskri AKP Bambang Wijaya, dan Kapolsek Tamberu AKP Ridwan Amanuel.

Kelima orang perwira ini dimutasi ke luar wilayah Kabupaten Pamekasan, sebagai bentuk pembinaan karir.

"Mutasi kelima perwira ini memang terasa istimewa, karena bertepatan dengan peringatan HUT Bhayangkara," kata Sugeng Muntaha.

Selain kelima perwira itu, ada juga dua perwira dimutasi jabatan diwaktu bersamaan, yakni Kompol Agus Sutrisno yang semula menjabat Kasatbinmas menjadi Kabagren dan IPTU Adnan dari Kaur Bin Ops Satbinmas Polres Pamekasan menjadi Kasat Binmas Polres Pamekasan.

Kapolres AKBP Sugeng Muntaha juga berharap, agar para perwira itu bisa lebih semangat dengan jabatan baru di tempat tugas yang baru, terutama dalam memberikan pelayanan, pengayoman, dan perlindungan kepada masyarakat.

Suasana peringatan HUT Ke-68 Bhawangkara di Mapolres Pamekasan kali ini, nampak sederhana yang ditandai dengan pemasangan sepanduk dan umbul-umbul di depan kantor Mapolres.

Hal ini karena saat ini bangsa Indonesia tengah berduka dengan adanya musibah jatuhnya pesawat Hercules A1310 milik TNI AU di kawasan permukiman di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara.

Dalam kesempatan itu, jajaran Polres Pamekasan sempat mendoakan para korban dan berharap agar para korban diampuni dosa-dosanya, serta mendapatkan tempat layak disisi-Nya. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015